Ketahui Manfaat dari Slip Gaji Bulanan Berikut Ini!

Bagi JULOvers yang berstatus sebagai pegawai di sebuah perusahaan, pasti tidak asing atau mungkin selalu mendapatkan slip gaji setelah menerima gaji bulanan. Dari slip gaji tersebut, JULOvers dapat mengetahui gaji pokok, tunjangan, maupun potongan  seperti halnya untuk BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, hingga besarnya pajak yang harus dibayar. Setelah melewati potongan-potongan tersebut, di slip gaji, terlihat juga angka gaji bersih yang akan kamu terima setiap bulannya. 

Secara umum, slip gaji merupakan bukti resmi penerimaan gaji dari pemberi kerja untuk pegawai. Di dalam slip gaji tersebut, terdapat bagian-bagian dari nominal tertentu, baik terperinci maupun hanya sekedar rangkuman. Baik perusahaan yang memberikan gaji take home pay atau pun yang lainnya, slip gaji akan tetap diterbitkan. Bagi perusahaan, slip gaji berfungsi sebagai dokumentasi atas pencatatan pengeluaran gaji yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada pegawai. Slip gaji juga digunakan sebagai bukti resmi bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya terhadap pegawai yang bersangkutan, berkaitan dengan sejumlah nominal tertentu yang menjadi hak pegawai.

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima pekerja pada saat upah dibayarkan,” bunyi Pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Sedangkan untuk pekerja, slip gaji merupakan bukti proses penggajian atau sebagai informasi potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan. Namun selain kegunaan dan manfaat slip gaji di atas, banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan slip gaji.

Berikut manfaat slip gaji yang kamu terima setiap bulan antara lain adalah:

  1. Mengajukan Kredit Peralatan Elektronik

JULOvers mungkin terkadang harus mengesampingkan keinginan dalam membeli barang elektronik terlebih dahulu karena harus memenuhi kebutuhan lain yang lebih penting. Misalnya, kebutuhan pendidikan anak, kewajiban membayar hutang, atau kebutuhan-kebutuhan penting lainnya. Hal inilah yang menyebabkan sebagian orang memilih untuk membeli peralatan tersebut secara kredit agar tidak langsung mengeluarkan uang dalam jumlah besar di awal. Sekalipun cicilan kredit umumnya selalu dikenakan bunga, sebagian orang memang lebih nyaman dan mampu untuk membayar sebuah barang dengan metode cicilan. 

Nah, jika kamu ingin membeli alat elektronik secara kredit, syarat yang diperlukan untuk mengambil kredit yaitu dengan menyerahkan slip gaji sebagai pertimbangan kemampuan kamu dalam membayar cicilan per bulannya. Slip gaji tersebut juga akan menentukan tenor cicilan yang akan diambil nanti. Jika kamu tidak memiliki slip gaji, peluang kreditmu disetujui akan lebih kecil.

2. Mengajukan KPR

Tidak hanya elektronik, jika kamu ingin membeli rumah untuk tempat tinggal pun, slip gaji sangat berpengaruh untuk kreditmu disetujui. Memiliki slip gaji menjadi syarat utama yang harus dipenuhi JULOvers yang ingin membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), lho. Melalui slip gaji yang kamu punya, pihak bank akan menganalisa kemampuan kalian dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya. Jadi, pastikan kamu menyesuaikan angsuran yang akan diambil dengan gaji yang diterima ya JULOvers! 

3. Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Slip gaji juga sering dijadikan sebagai penentu dalam mengajukan kredit. Hal tersebut juga berlaku ketika JULOvers mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Slip gaji tersebut menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Kemampuan membayar dapat dilihat dari slip gaji dan disertakan dalam formulir pengajuan kredit tanpa jaminan tersebut. Sama seperti pengajuan KPR, besarnya slip gaji juga berpengaruh pada penilaian dan persetujuan bank maupun pihak ketiga terhadap kredit yang di ajukan. Sampai sini mulai paham kan, JULOvers?

4. Mengajukan Kredit Motor dan Mobil

Manfaat lain yang bisa JULOvers dapatkan dari slip gaji ialah pengajuan kredit kendaraan, baik mobil maupun motor. Sama seperti poin-poin di atas, kamu perlu menyertakan slip gaji sebagai syarat untuk mengambil kredit tersebut. Tentu saja uang muka kendaraan yang telah dibayar akan berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan nantinya. 


5. Untuk Melamar Pekerjaan Baru

Mungkin banyak yang tidak tahu ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan pelamarnya untuk melampirkan slip gaji saat melamar pekerjaan. Untuk apa slip gaji diberikan saat ingin melamar pekerjaan baru? Begini JULOvers, biasanya slip gaji akan diminta ketika kamu melakukan negosiasi gaji dengan HRD. Jadi, HRD perusahaan dapat menentukan gaji yang sesuai dengan pengalaman kerjamu. 

Jadi, itu dia JULOvers manfaat slip gaji bulanan yang selama ini kamu terima. Jika kamu belum pernah menerima slip gaji, kamu bisa segera memintanya kepada bagian keuangan perusahaanmu ya. Saat ini, slip gaji diberikan dalam bentuk elektronik dan haruslah disimpan dengan baik, sehingga mudah ditemukan saat dibutuhkan. Banyak manfaat dan kegunaan yang bisa JULOvers dapatkan dari slip gaji tersebut. Selain untuk mengetahui jumlah gaji yang kamu terima, slip gaji juga sangat membantu dalam berbagai urusan. Oh iya, slip gaji juga harus dipergunakan dengan bijak, baik dan benar ya. Jangan sampai kamu memalsukan atau mengedit slip gaji demi mendapatkan hal baru yang kamu inginkan.

Baca juga: Ciri-Ciri Loker Palsu yang Mungkin Kamu Temukan Ketika Ingin Melamar Pekerjaan!

Artikel Terkait

Leave a Comment