Kartu Kredit VS Debit, Mana yang Lebih Perlu?

kartu-debit-vs-kredit

Di zaman yang serba maju ini, banyak orang yang lebih menyukai transaksi non tunai. Tidak jarang orang-orang kini sering “cashless”, atau tidak memiliki uang cash di dompetnya karena terbuai dengan kemudahan transaksi saat ini, yang memudahkan kita untuk bertransaksi hanya dengan kartu maupun handphone saja. Sebagai contoh, jika kamu pergi ke kantor dengan menggunakan ojek online, kamu tidak perlu pusing untuk menyiapkan uang cash karena kamu dapat memanfaatkan fitur alat pembayaran digital, bahkan untuk berbelanja dan juga makan siang sekalipun. Oleh karena itulah, banyak orang yang sekarang menjadi cashless dan lebih suka bertransaksi dengan alat pembayaran digital karena dianggap lebih praktis dan efisien. (Baca juga: Pilih Mana, Bayar Tunai atau Kredit?)

Namun, untuk transaksi dalam jumlah yang lebih besar, kamu dapat memanfaatkan transaksi non tunai dengan kartu kredit maupun kartu debit. Kedua kartu ini memiliki fungsi utama yang serupa, yaitu untuk transaksi non tunai, namun memiliki karakteristik yang berbeda. Mudahnya, dengan kartu debit, ketika melakukan transaksi, uang dari tabunganmu akan langsung terpotong. Akan tetapi, dengan kartu kredit, transaksi yang kamu lakukan dalam satu bulan akan ditotal dan ditagih pada akhir bulan tersebut. Jadi walaupun kamu belum memiliki uang pada saat itu, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi dan membayarnya pada akhir bulan setelah menerima gaji.  

Debit vs Kredit, Pilih Yang Mana?

Sekarang, kita simak terlebih dahulu yuk, kelebihan serta kekurangan dari kartu debit VS kartu kredit!

Kelebihan Kartu Debit: 

  • Digunakan sesuai dengan jumlah tabungan
  • Tidak berhutang setelah melakukan transaksi karena jumlah transaksi langsung dipotong dari tabungan yang dimiliki nasabah
  • Dapat digunakan untuk berbelanja, hampir semua tempat seperti supermarket, minimarket, restoran, department store dan lain-lain menerima pembayaran melalui kartu debit
  • Praktis & efisien, kamu tidak perlu membawa uang dalam jumlah banyak kemana-mana, tinggal melakukan transaksi dengan kartu debit, atau mengambil uang di ATM terlebih dahulu tanpa dikenakan bunga atau biaya tertentu.

Kelebihan Kartu Kredit:

  • Banyak promo dan diskon yang ditawarkan oleh bank untuk para nasabahnya. Banyak juga reward dan poin yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja lagi atau bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. 
  • Pembayaran dapat dilakukan dengan dicicil, jika kamu masih belum mampu membayar sesuatu yang kamu beli secara langsung, kamu dapat membayarnya dengan cara dicicil. Namun biasanya, pihak bank mengenakan bunga untuk transaksi yang kamu lakukan dengan cicilan. Akan tetapi, banyak juga bank yang membebaskan bunga, atau menawarkan bunga 0% kepada para nasabah yang ingin membeli barang dengan kartu kredit. 
  • Dapat digunakan untuk kebutuhan darurat atau mendadak. 
  • Mudah digunakan untuk belanja online. Penggemar belanja online pasti akan senang menggunakan kartu kredit karena sangat mudah digunakan untuk membeli barang dari berbagai macam e-commerce. 

Sekarang, kita beralih ke kekurangan kartu debit dan juga kredit, yuk! 

Kekurangan Kartu Debit

  • Kartu debit sangat jarang menawarkan promo bagi para nasabah jika dibandingkan dengan promosi dari kartu kredit. 
  • Penggunaan terbatas karena menyesuaikan saldo yang ada di rekening sehingga tidak dapat berbelanja melebihi saldo yang ada. 

Kekurangan Kartu Kredit

  • Terdapat berbagai biaya yang perlu kamu bayar ketika memiliki kartu kredit, seperti: biaya tahunan, biaya denda keterlambatan pembayaran, dan sebagainya. 
  • Bunga yang cukup besar untuk tiap transaksi yang dilakukan, dan akan terus bertambah nantinya. 
  • Dikenakan bunga ataupun denda ketika kamu menarik uang di mesin ATM. 
  • Ada denda yang dikenakan ketika kamu tidak mampu membayar cicilan kartu kredit tepat waktu. 

Sekarang kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kartu debit maupun kredit nih, JULOvers. Selebihnya, kamu dapat menentukan sendiri, kartu mana yang lebih perlu untuk kamu gunakan. Kartu debit, kredit, atau malah kamu ingin membuat keduanya? Jika kamu ingin menabung di bank, dan menggunakan kartu untuk bertransaksi sesuai dengan jumlah tabunganmu saja, kamu cukup menggunakan kartu kredit. Kamu tidak perlu membawa uang yang banyak sekalipun kamu ingin membeli sesuatu dengan harga yang cukup mahal. 

Perbedaan lain yang dapat kamu temukan antara kartu kredit dan debit adalah dari segi proses pembuatannya. Pembuatan kartu debit akan lebih mudah dibandingkan dengan kartu kredit. Jika kamu ingin membuat kartu kredit, ada beberapa syarat yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, tergantung dari bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut. Syarat tersebut misalnya slip gaji, kartu ATM, KTP, buku rekening, dan sebagainya. 

Dengan kartu kredit, kamu dapat melakukan transaksi sekalipun kamu tidak memiliki uang di tabunganmu. Oleh karena itu, gunakanlah kartu kredit dengan bijak, batasi pengeluaranmu, gunakan kartu kredit jika benar-benar perlu dan untuk kebutuhan darurat. Gunakan sesuai kebutuhan, bukan hanya keinginan. Lalu, jangan lupa juga untuk melunasi tagihan kartu kredit tepat waktu jika tidak ingin dikenakan denda. Jangan lupa juga, jika sudah memiliki kartu kredit, ada beberapa biaya yang wajib kamu bayar, seperti biaya iuran tahunan. 

Semuanya kembali lagi kepada kebutuhanmu, JULOvers. Buatlah kartu debit maupun kredit sesuai dengan kebutuhanmu sendiri, bukan hanya karena keinginanmu saja, ya. Jangan sampai, kartu yang kamu pilih, malah menambah masalah keuangan baru bagi kamu. Tetap bijak dalam mengelola keuangan ya, JULOvers!

Baca juga: Ketahui Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kartu Kredit

Artikel Terkait

Leave a Comment