Penting! Kalender 2020: Libur Nasional dan Cuti Bersama

Tumpukan pekerjaan bagi pegawai kantoran, freelancer, wirausaha, maupun ibu rumah tangga memang menjenuhkan. Perasaan stress dan jenuh yang mungkin kamu rasakan ketika sedang dihadapi dengan deadline tentu sangat wajar dirasakan tiap orang. Salah satu cara yang dapat menghilangkan stres dan perasaan jenuh tersebut adalah dengan cara beristirahat sejenak. Kamu bisa mengambil jatah cuti tahunanmu, dan mulai merencanakan liburan sejenak dengan orang terdekatmu. Konon, walaupun hanya sebentar, liburan bisa mengembalikan mood serta motivasimu dalam bekerja lho, JULOvers. Terkadang, otak kita membutuhkan istirahat agar kembali fresh dan siap kembali bekerja.

Nah, bagaimana JULOvers? Berniat untuk mempersiapkan liburan? Jika dalam waktu dekat ini kamu belum bisa mengambil cuti atau belum bisa meninggalkan kewajiban-kewajibanmu, kamu bisa merencanakan liburan untuk tahun depan. Nah, sebelum merencanakan liburan tahun depan, kamu perlu tahu kalender 2020 agar tidak salah menentukan waktu berlibur yang tepat! Jangan khawatir, kalender 2020 telah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Jadi, kamu tinggal menyesuaikan kalender 2020 dengan waktu liburan yang tepat untukmu sebelum melakukan perencanaan-perencanaan lainnya. Oh iya, ada kabar bahagia nih untuk kamu yang ingin berlibur keluar kota atau negeri bersama keluarga ataupun kerabat dekat, karena libur nasional yang tertera pada kalender 2020 ada 16 hari!

Sebelum mengecek tanggal merah yang ada dalam kalender 2020, kamu juga perlu tahu bahwa kesepakatan dalam menentukan Libur Nasional dan Cuti Bersama di kalender 2020 pun mempertimbangkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 24 Tahun 1976 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil; PP No.11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Sipil Negara; Keputusan Presiden No. 3 Tahun 1983 tentang Perubahan Atas Keppres 251/1967 tentang Hari Libur Nasional yang telah mengalami beberapa perubahan terakhir dengan Keppres No.10 Tahun 1971; dan Perpres No. 7 Tahun 2015 tentang Organisasi Kementerian Negara, JULOvers.

Kesepakatan penentuan kalender libur 2020 pun juga dihadiri oleh sejumlah Menteri yang telah dilaksanakan pada akhir Agustus 2019 lalu. Nah, setelah melewati rapat dan pertimbangan-pertimbangan tersebut, kalender 2020 tentang hari libur dan cuti bersama telah resmi disepakati. Nah, sudah penasaran belum kapan saja tanggal-tanggal merah yang ada di kalender 2020? Yuk, cek bersama-sama JULOvers!

Berikut tanggal merah & cuti bersama pada kalender 2020 mendatang:

– 1 Januari (Rabu) : Tahun Baru 2020 Masehi

– 25 Januari (Sabtu) : Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili

– 22 Maret (Minggu) : Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW

– 25 Maret (Rabu) : Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942

– 10 April (Jumat) : Wafat Isa Al Masih

– 1 Mei (Jumat) : Hari Buruh Internasional

– 7 Mei (Kamis) : Hari Raya Waisak 2564

– 21 Mei (Kamis) Kenaikan Isa Al Masih

– 22 Mei (Jumat) : Cuti Bersama Lebaran

– 24-25 Mei (Minggu hingga Senin) : Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah

– 26-27 Mei (Selasa hingga Rabu) : Cuti Bersama Lebaran

– 1 Juni (Senin) : Hari Lahir Pancasila

– 31 Juli (Jumat) : Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah

– 17 Agustus (Senin) : Hari Kemerdekaan RI

– 20 Agustus (Kamis) : Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah

– 29 Oktober (Kamis) : Maulid Nabi Muhammad SAW

– 24 Desember (Kamis): Cuti Bersama Natal

– 25 Desember (Jumat) : Hari Raya Natal

Nah, untuk kamu yang telah menyiapkan diri untuk berlibur bersama keluarga atau teman, kamu dapat memanfaatkan long weekend yang ada pada kalender 2020 mendatang nih. Penasaran kapan saja long weekend yang bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan cuti dan cuti bersama pada kalender 2020?

Berikut long weekend yang bisa kamu manfaatkan pada kalender 2020:

-10 April (Jumat) : Wafat Isa Al Masih

– 1 Mei (Jumat) : Hari Buruh Internasional

– 22, 26 dan 27 Mei (Jumat, Selasa dan Rabu), Cuti bersama untuk Hari Raya Idul Fitri.

– 1 Juni (Senin) : Hari Lahir Pancasila

– 31 Juli (Jumat) : Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah

– 17 Agustus (Senin) : Hari Kemerdekaan RI

– 24, 25 Desember (Kamis dan Jumat): Cuti Bersama Natal

Nah JULOvers, itu dia tanggal merah dan cuti bersama yang dapat kamu nikmati pada kalender 2020 mendatang. Sudah ada bayangan belum, kapan waktu yang tepat untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan dan pergi liburan? Atau sudah langsung tahu, kapan kamu akan mengambil cuti? Jangan lupa juga untuk memanfaatkan long weekend yang bisa kamu gabungkan dengan tanggal merah dan cuti bersama di kalender 2020 agar bisa berlibur lebih lama ya, JULOvers. Saran dari JULO, untuk memanfaatkan libur nasional dan cuti bersama yang ada pada kalender 2020 mendatang, kamu wajib menabung atau menyisihkan uang khusus untuk budget liburan agar tidak mengganggu pengeluaran-pengeluaran lainnya. Jika kamu ingin berlibur pada momen-momen seperti lebaran, kamu bisa mulai menabung dari bulan depan agar terkumpul budget yang cukup.

Namun, jika kamu sudah sangat suntuk dengan pekerjaan dan tumpukan deadline, nggak ada salahnya kok kamu liburan sejenak dalam waktu dekat. Nggak perlu nunggu waktu dan menyesuaikan libur dengan kalender 2020 mendatang, jika masih memiliki jatah cuti tahun ini, ambil dan berliburlah, JULOvers! Belum punya budget untuk berlibur? Tenang, pinjaman JULO hingga 8 juta bisa mewujudkan keinginanmu untuk berlibur. Tinggal download aplikasi JULO via Google Play Storemu, ajukan pinjaman sesuai kebutuhan dan selamat menikmati liburanmu!

Baca juga: http://julo.co.id/blog/perhatikan-syarat-pinjaman-julo-berikut/

Artikel Terkait

Leave a Comment