Jastip: Bisnis Modal Kecil Dengan Untung Menggiurkan

jastip-bisnis-modal-kecil

Kemajuan teknologi saat ini secara tak langsung membuat orang-orang lebih mudah untuk memulai dan menjalani bisnis. Saat ini, banyak kesempatan bisnis yang hadir, sekalipun bisnis modal kecil yang bisa dilakukan oleh siapapun dengan memanfaatkan teknologi internet. Jika kamu adalah seorang pekerja kantoran, ibu rumah tangga, maupun masih mahasiswa, bisnis jasa titip (jastip) mungkin adalah ide bisnis yang menarik karena merupakan bisnis modal kecil. Semua orang bisa memulai bisnis jastip, sekalipun dengan modal sangat kecil. Namun, masih asingkah bisnis jastip di telinga kalian? Jika ya, yuk kita pahami tentang bisnis online jastip lewat artikel kali ini!

Jastip atau jasa titip adalah salah satu bisnis modal kecil yang sedang banyak dijalankan saat ini. Bisnis modal kecil ini bergerak dalam bidang jasa titip barang, dimana penjual membeli barang ke dari toko untuk para konsumen yang menginginkan barang tersebut. Umumnya, konsumen jastip ini tinggal jauh dari toko-toko yang menjual produk yang mereka mau, atau bahkan tidak sempat untuk membeli produk-produk tersebut. Sehingga, mereka lebih memilih untuk membelinya melalui jastip. Selain untuk efisiensi waktu, kamu juga bisa memangkas pengeluaran untuk ongkos. Biasanya, para pemilik bisnis modal kecil jastip ini mematok harga jasa mereka sebesar Rp 10.000-50.000, atau bahkan lebih, tergantung dari harga produknya atau lokasi pembeliannya.

Jastip: Bisnis Bermodal Kecil

Jika kamu ingin memulai bisnis online jastip, yuk lakukan tips berikut ini!

1. Tentukan Sistem Pembayaran & Persiapkan Modal Awal

Hal yang pertama kamu bisa lakukan untuk memulai bisnis modal kecil jastip ini adalah dengan menentukan sistem pembayaran dan persiapkan modalmu. Umumnya, para pemilik bisnis jastip ini akan membeli barang ketika pembeli sudah membayar barang serta biaya jastipnya. Ada juga beberapa bisnis jastip yang mewajibkan pembeli untuk membayar DP terlebih dahulu agar meminimalisir pembatalan order. 

Walaupun bisnis ini adalah bisnis modal kecil, kamu harus tetap pintar mengelola modal awal. Jika kamu baru ingin memulai jastip, ada baiknya kamu menetapkan sistem pembayaran 100% di awal untuk menghindari kerugian dan pembatalan order. Jangan sampai kamu membeli barang terlebih dahulu sebelum pembeli mentransfer uangnya. Sudah rugi biaya, ongkos, rugi waktu pula!

2. Menentukan Target Pasar & Produk

Langkah kedua dalam bisnis modal kecil jastip ini adalah menentukan target pasar serta produk yang ingin kamu jual. Siapakah targetmu? Anak remaja kah? Ibu rumah tangga kah? Generasi milenial kah? Tentukan terlebih dahulu targetnya, baru tentukan produk yang ingin kamu jual dalam bisnis modal kecil ini. Sebagai contoh, targetmu adalah ibu rumah tangga. Kamu dapat memasarkan produk perabotan rumah tangga dari IKEA, Ace Hardware, Informa, dan sebagainya. Biasanya, ibu rumah tangga tidak punya banyak waktu untuk berbelanja perabotan, apalagi yang mengurus anak. Sehingga, akan lebih mudah untuk mereka membeli produk yang mereka inginkan melalui jastip ini. 

Sebenarnya, kamu bisa saja menjual beragam produk dengan target yang berbeda-beda. Misalnya, selain menjual perabotan rumah tangga dengan target pasar ibu rumah tangga, kamu juga ingin menjual produk-produk kecantikan untuk para remaja dan juga generasi milenial. Akan tetapi, ada baiknya kamu membuat dua akun media sosial dan juga e-commerce yang berbeda untuk memasarkan dan mempromosikan produk tersebut agar tidak tercampur karena target pasar yang kamu tuju berbeda. 

3. Memanfaatkan Bazaar, Diskon, Promo, dsb

Walaupun merupakan bisnis modal kecil, kamu juga harus rajin dan pintar memanfaatkan beberapa momen yang ada untuk meningkatkan penghasilanmu. Jangan hanya karena bisnis ini adalah bisnis modal kecil, keuntungan yang kamu dapatkan kecil juga. Dengan memanfaatkan beberapa momen penting belanja, pendapatan kamu bisa meningkat, lho! 

  • Ketika kamu travelling atau sedang perjalanan bisnis dari kantor, kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan membuka jastip khusus barang-barang dari kota atau negara yang kamu kunjungi. Tarifnya tentu akan berbeda dengan tarif jastip biasanya. 
  • Datang ke bazaar seperti bazaar buku Big Bad Wolf yang sangat banyak diminati. Namun karena lokasinya yang cukup jauh dari beberapa orang, banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk membuka bisnis jastip. Atau bazaar makeup seperti bazaar The Body Shop, dan masih banyak lagi. 
  • Manfaatkan momen diskon akhir tahun, sale lebaran, dan sebagainya. Di momen-momen seperti itu, banyak toko yang menggelar sale besar-besaran, namun masih banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk berbelanja. Maka, saat tersebut juga pas untuk memulai bisnis modal kecil ini. 
  • Ikuti tren yang ada. Jika kamu sering menggunakan media sosial maupun menggunakan internet setiap hari, harusnya membuat kamu lebih mudah untuk mengetahui tentang produk yang sedang banyak diminati oleh orang-orang, atau sedang viral. Biasanya, para jastip juga memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penghasilan mereka. 

4. Rajin Promosi & Rajin Merespon Calon Pembeli

Ketika sudah menentukan target pasar, produk, dan mengetahui momen-momen atau toko yang kamu tuju, sekarang waktunya promosi. Semakin kamu menginginkan keuntungan besar dari bisnis modal kecil ini, kamu juga harus rajin untuk melakukan promosi dan memberikan yang terbaik untuk calon pembelimu. Kamu harus rajin update barang, harus rajin ke pusat perbelanjaan atau toko yang kamu tuju agar calon pembeli bisa terus melihat produk-produk yang baru. Jika kamu rajin update, maka calon pembeli pasti akan tertarik dengan jastipmu. Selain itu, manfaatkan juga fitur-fitur yang terdapat di media sosial seperti Instagram feeds & story untuk tetap membangun hubungan dengan calon pembeli. Pasarkan juga e-commerce agar calon pembeli lebih percaya dengan bisnis jastipmu. 

Selain itu, jangan lupa untuk rajin update stok barang yang kamu jual. Jangan sampai calon pembeli sudah mentransfer penuh atau sejumlah uang, namun stok barang yang mereka inginkan tidak ada. Walaupun bisa direfund, pembeli tentu akan berpaling ke jastip lainnya. Rajin juga untuk merespon chat maupun pesan dari pembeli dengan ramah, serta berikan layanan terbaik agar tidak mengecewakan dan membuat mereka ingin kembali menggunakan jastip kita. 

5. Selalu Cantumkan Biaya Jastip & Harga Asli

Terakhir, yang perlu kamu lakukan untuk mematangkan bisnis modal kecil ini adalah dengan selalu jujur dalam menulis biaya jastip, harga asli, sampai kondisi produk sebenarnya. Jika produk sedang diskon, cantumkan harga asli dan harga setelah diskon, serta biaya jastip yang kamu tentukan untuk produk tersebut. Selain itu, jika produk yang kamu promosikan merupakan produk hasil bazaar atau sale besar-besaran, ada baiknya kamu menulis deskripsi dan kondisi produk sedetail-detailnya agar pelanggan tidak kecewa saat barang yang mereka pesan sampai di tangan mereka.

Jadi, itu dia tips yang dapat kamu lakukan untuk memulai bisnis jastip. Walaupun merupakan bisnis dengan modal kecil, sebagai seseorang yang sedang merintis usaha, kamu harus tetap memberikan yang terbaik untuk seluruh pembeli maupun calon pembelimu. Jangan hanya mementingkan keuntungan, namun perhatikan juga cara kamu mempromosikan, cara kamu merespon pembeli, dan hal-hal kecil lainnya. Jangan sampai kehilangan kepercayaan dan mengecewakan pembeli ya, JULOvers. Jadi, apakah kamu ingin memulai bisnis modal kecil ini? Yuk, tulis di kolom komentar!

Baca juga: Lakukan 4 Cara Ini Untuk Mengembangkan Bisnis Onlinemu!

Artikel Terkait

Leave a Comment