Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan Pinjaman Bank
1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya
2. Bandingkan Bunga
3. Jangka Waktu Tenor Pengembalian
4. Proses Pencairan Dana Cepat
5. Mengetahui Kebijakan Peminjam
Hal-hal yang Perlu Dihindari ketika Mengajukan Pinjaman Bank
1. Jangan Memalsukan Informasi
2. Nominal Pinjaman Berlebihan
3. Cicilan yang Memberatkan
4. Persyaratan Tidak Lengkap

Hal yang Perlu Diperhatikan & Hindari Ketika Melakukan Pinjaman di Bank

Hal yang Perlu Diperhatikan & Hindari Ketika Melakukan Pinjaman di Bank

Kecanggihan dan perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi. Salah satu transaksi yang kini termasuk transaksi layanan pinjam uang. Saat ini, beragam pinjaman telah hadir untuk membantu keuangan masyarakat. Walaupun mudah dan cepat, masih banyak orang yang belum sepenuhnya percaya dengan pinjaman yang beredar secara online karena maraknya penipuan dan penjualan data pribadi. Padahal, hanya pinjaman online yang tidak terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saja yang melakukan hal tersebut kepada para nasabahnya. Berbeda halnya dengan penyedia layanan kredit digital legal berizin OJK – seperti JULO Kredit Digital yang selalu menjaga keamanan data nasabah.

Baca Juga: JULO Raih Sertifikasi ISO 27001 Full Scope, Bukti Nyata Keamanan Data Nasabah

Oleh karena itu, hingga saat ini masih banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan pinjaman bank. Sebagian lainnya lebih memilih untuk meminjam uang pada kerabat terdekat karena alasan tertentu. Pinjaman bank memang dikenal dapat memberikan pinjaman yang besar. Nah, apakah kamu kini sedang berencana meminjam di bank? Sebelum mengajukan pinjaman bank, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan juga hindari ya, JULOvers. Yuk, simak di sini!

Hal yang Perlu Diperhatikan & Hindari Ketika Melakukan Pinjaman di Bank

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan Pinjaman Bank

1. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Melakukan segala pinjaman, terutama ke bank, merupakan hal yang memerlukan pertimbangan cukup matang. Kamu perlu mencari info sedetail mungkin tentang bank yang kamu tuju. Atau, buat list tentang bank mana yang menurutmu bagus dan cocok dengan kebutuhanmu terlebih dahulu sebelum membandingkannya dengan bank-bank lainnya.

2. Bandingkan Bunga

Ketika ingin melakukan pinjaman bank, jangan hanya melihat dari sisi banknya saja ya, JULOvers. Kamu juga perlu melakukan perbandingan bunga yang mereka tawarkan. Perbandingan bunga ini berdampak terhadap angsuran yang harus kamu bayar tiap bulannya. Oleh karena itu, kamu harus selektif dan melakukan perbandingan bunga terlebih dahulu agar tidak kesulitan saat ingin membayar angsuran.

3. Jangka Waktu Tenor Pengembalian

Selain bunga, kamu juga perlu memperhatikan jangka waktu pinjaman bank yang kamu pilih. Pinjaman bank umumnya dapat memberikan pinjaman hingga ratusan juta rupiah, dengan jangka waktu tahunan. Perhatikan dengan baik, apakah pinjaman bank yang kamu tuju memberikan tenor pinjaman yang sesuai dengan ekspektasimu atau tidak. Bandingkan juga dengan bunga yang diberikan, jangan sampai kamu memilih pinjaman bank dengan tenor pinjaman lama, namun bunganya besar.

Baca Juga: Apa Itu Tenor Pinjaman? Simak Pengertiannya di Sini!

4. Proses Pencairan Dana Cepat

Ketika membutuhkan uang, tentu kamu sudah tahu kapan kamu membutuhkan uang tersebut. Jangan sampai, pinjaman bank yang kamu ajukan harus melewati proses yang lama dan berbelit-belit, sedangkan kamu sedang membutuhkan pinjaman yang cepat.

5. Mengetahui Kebijakan Peminjam

Saat memilih pinjaman bank, kamu juga perlu mengetahui kebijakan yang harus kamu pahami sebagai peminjam, meliputi hak dan kewajiban yang perlu kamu ketahui. Hal ini sangat penting untuk dipahami sebelum kamu mengajukan pinjaman bank, agar kedepannya kamu tidak terjerat dengan aturan yang dapat menyulitkan kamu.

Hal-hal yang Perlu Dihindari ketika Mengajukan Pinjaman Bank

1. Jangan Memalsukan Informasi

Sebagai calon peminjam, jangan sampai kamu nekat untuk memalsukan informasi data diri, maupun data apapun yang diminta oleh pihak bank ya, JULOvers. Walaupun kamu sangat membutuhkan pinjaman, kamu tetap harus jujur dan tidak memanipulasi data demi mendapatkan persetujuan pinjaman bank. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah baru, lho. Nggak mau kan, pinjaman ditolak dan berurusan dengan pihak bank maupun pengadilan?

2. Nominal Pinjaman Berlebihan

Ketika meminjam uang dimana pun, termasuk pinjaman bank, kamu perlu menentukan terlebih dahulu nominal pinjaman bank yang ingin kamu ajukan. Lakukan perhitungan dengan detail, jangan sampai kamu mengajukan pinjaman bank dengan nominal lebih besar dari yang kamu butuhkan. Akan lebih bijak jika kamu tetap mengingat bahwa uang tersebut tetap menjadi kewajiban yang harus dikembalikan di kemudian hari.

Baca Juga: Kredit Cepat, Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Mengajukan!

3. Cicilan yang Memberatkan

Poin ketiga ini juga merupakan poin penting yang harus kamu perhatikan ketika mengajukan pinjaman bank. Jangan sampai, cicilan pinjaman bank yang harus kamu bayar tiap bulannya, lebih dari 30% pendapatan per bulanmu.

4. Persyaratan Tidak Lengkap

Jika kamu ingin pinjaman bank yang kamu ajukan diterima, kamu perlu melengkapi segala persyaratan yang bank minta. Satu – dua dokumen saja sangat berpengaruh terhadap persetujuan pinjaman bank milikmu, JULOvers. Jadi, lebih baik mempersiapkan semuanya dengan baik terlebih dahulu ya.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman di bank. Merasa bahwa pinjaman di bank terlalu merepotkan dengan segala persyaratan yang berlapis? Kamu bisa mencoba mengajukan kredit di JULO Kredit Digital

Dengan limit kredit maksimal 50 juta rupiah dan bunga rendah dari 0,1% per hari, pembayaran JULOvers akan semakin mudah dengan tenor pengembalian sampai dengan 9 bulan. Ditambah lagi, tanggal pengembalian bisa disesuaikan dengan tanggal gajian kamu. Praktis banget kan, JULOvers?

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beragam kemudahan fitur JULO Kredit Digital seperti berikut:

  • Tarik Dana
  • Bayar Kartu Pascabayar
  • Kirim Dana
  • Bayar BPJS
  • Bayar Tagihan Listrik
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar Pulsa
  • Bayar e-commerce

Wah, tentunya membuat hidup semakin praktis ya! Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya