Hal yang Perlu Diperhatikan & Hindari Ketika Melakukan Pinjaman di Bank

pinjaman-bank

Kecanggihan dan perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi. Salah satu transaksi yang kini termasuk transaksi layanan pinjam uang. Saat ini, beragam pinjaman telah hadir untuk membantu keuangan masyarakat. Walaupun mudah dan cepat, masih banyak orang yang belum sepenuhnya percaya dengan pinjaman yang beredar secara online karena maraknya penipuan dan penjualan data pribadi. Padahal, hanya pinjaman online yang tidak terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saja yang melakukan hal tersebut kepada para nasabahnya.

Oleh karena itu, hingga saat ini masih banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan pinjaman bank. Sebagian lainnya lebih memilih untuk meminjam uang pada kerabat terdekat karena alasan tertentu. Pinjaman bank memang dikenal dapat memberikan pinjaman yang besar. Nah, apakah kamu kini sedang berencana meminjam di bank? Sebelum mengajukan pinjaman bank, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan juga hindari ya, JULOvers. Yuk, simak di sini!

Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pinjaman bank

1.   Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Melakukan segala pinjaman, terutama ke bank, merupakan hal yang memerlukan pertimbangan cukup matang. Kamu perlu mencari info sedetail mungkin tentang bank yang kamu tuju. Atau, buat list tentang bank mana yang menurutmu bagus dan cocok dengan kebutuhanmu terlebih dahulu sebelum membandingkannya dengan bank-bank lainnya.

2.   Bandingkan Bunga

Ketika ingin melakukan pinjaman bank, jangan hanya melihat dari sisi banknya saja ya, JULOvers. Kamu juga perlu melakukan perbandingan bunga yang mereka tawarkan. Perbandingan bunga ini berdampak terhadap angsuran yang harus kamu bayar tiap bulannya. Oleh karena itu, kamu harus selektif dan melakukan perbandingan bunga terlebih dahulu agar tidak kesulitan saat ingin membayar angsuran.

3.   Jangka Waktu

Selain bunga, kamu juga perlu memperhatikan jangka waktu pinjaman bank yang kamu pilih. Pinjaman bank umumnya dapat memberikan pinjaman hingga ratusan juta rupiah, dengan jangka waktu tahunan. Perhatikan dengan baik, apakah pinjaman bank yang kamu tuju memberikan tenor pinjaman yang sesuai dengan ekspektasimu atau tidak. Bandingkan juga dengan bunga yang diberikan, jangan sampai kamu memilih pinjaman bank dengan tenor pinjaman lama, namun bunganya besar.

4.   Proses Pencairan Dana

Ketika membutuhkan uang, tentu kamu sudah tahu kapan kamu membutuhkan uang tersebut. Jangan sampai, pinjaman bank yang kamu ajukan harus melewati proses yang lama dan berbelit-belit, sedangkan kamu sedang membutuhkan pinjaman yang cepat.

5.   Mengetahui Kebijakan Peminjam

Saat memilih pinjaman bank, kamu juga perlu mengetahui kebijakan yang harus kamu pahami sebagai peminjam, meliputi hak dan kewajiban yang perlu kamu ketahui. Hal ini sangat penting untuk dipahami sebelum kamu mengajukan pinjaman bank, agar kedepannya kamu tidak terjerat dengan aturan yang dapat menyulitkan kamu.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui hal-hal yang harus kamu hindari ketika mengajukan pinjaman bank.

1.       Jangan Memalsukan Informasi

Sebagai calon peminjam, jangan sampai kamu nekat untuk memalsukan informasi data diri, maupun data apapun yang diminta oleh pihak bank ya, JULOvers. Walaupun kamu sangat membutuhkan pinjaman, kamu tetap harus jujur dan tidak memanipulasi data demi mendapatkan persetujuan pinjaman bank. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah baru, lho. Nggak mau kan, pinjaman ditolak dan berurusan dengan pihak bank maupun pengadilan?

2.       Nominal Pinjam Berlebihan

Ketika meminjam uang dimana pun, termasuk pinjaman bank, kamu perlu menentukan terlebih dahulu nominal pinjaman bank yang ingin kamu ajukan. Lakukan perhitungan dengan detail, jangan sampai kamu mengajukan pinjaman bank dengan nominal lebih besar dari yang kamu butuhkan. Mungkin kamu akan bersenang-senang di awal, karena mendapatkan uang lebih yang dapat kamu gunakan untuk hal lainnya. Akan tetapi, uang tersebut akan menyulitkan kamu di kemudian hari.

3.       Cicilan yang Memberatkan

Poin ketiga ini juga merupakan poin penting yang harus kamu perhatikan ketika mengajukan pinjaman bank. Jangan sampai, cicilan pinjaman bank yang harus kamu bayar tiap bulannya, lebih dari 30% pendapatan per bulanmu.

4.       Persyaratan Tidak Lengkap

Jika kamu ingin pinjaman bank yang kamu ajukan diterima, kamu perlu melengkapi segala persyaratan yang bank minta. Satu – dua dokumen saja sangat berpengaruh terhadap persetujuan pinjaman bank milikmu, JULOvers. Jadi, lebih baik mempersiapkan semuanya dengan baik terlebih dahulu ya.

Jadi itu dia, hal-hal yang perlu kamu perhatikan dan juga perlu kamu hindari ketika melakukan pengajuan pinjaman bank. Yang perlu kamu ingat, walaupun nominal pinjaman yang dapat diberikan pihak bank bisa mencapai ratusan juta rupiah, proses pinjaman bank umumnya memakan waktu yang lama dan tidak instan. Jika kamu membutuhkan pinjaman mudah dan proses yang cepat, JULO dapat menjadi solusi yang paling tepat! JULO menawarkan pinjaman hingga 8 juta rupiah dengan bunga mulai 0,1% per hari yang dapat kamu cicil hingga 6 bulan lamanya.

Jangan khawatir, JULO telah terdaftar dan diawasi oleh OJK juga, lho. Jadi nggak perlu ragu lagi untuk mengajukan pinjaman karena pinjaman JULO sudah pasti aman dan terpercaya. Tertarik mengajukan pinjaman? Download aplikasi JULO via Google Play Store dan ajukan pinjamanmu sekarang! 

Baca juga: Lagi Butuh Uang, Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank?

Artikel Terkait

Leave a Comment