Ini Dia Formasi Menteri Kabinet Jokowi Jilid II!

Beberapa hari belakangan, publik dibuat penasaran dengan formasi kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin periode 2019-2024. Susunan Menteri ini memang telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sejak hari Senin lalu, sejumlah tamu berdatangan ke Istana Negara dengan menggunakan kemeja putih. Banyak kabar yang mengatakan bahwa tamu-tamu tersebut merupakan kandidat terkuat calon Menteri periode 2019-2024 mendatang. Beberapa tamu dengan nama baru di dunia Menteri sempat membuat geger publik. Seperti halnya mantan CEO Gojek, Nadiem Makariem dan juga mantan Direktur Utama NET TV, Wishnutama yang juga mendatangi Istana Kepresidenan pada hari Senin lalu. Bahkan, kedua nama tersebut sempat menjadi trending di media sosial selama beberapa waktu.

Pagi hari ini Jokowi akhirnya resmi mengumumkan formasi kabinet Jokowi-Ma’ruf di Istana Merdeka, Jakarta, sejak pukul 8 pagi tadi. Jokowi memperkenalkan kabinet ini dengan nama Kabinet Indonesia Maju. Penasaran, siapa saja Menteri-Menteri tersebut? Yuk, cek nama-nama Menteri periode 2019-2024 berikut ini!

A. 34 Kementerian:

1.       Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum & Keamanan (Polhukam): Mahfud MD

Menteri pertama yang diperkenalkan oleh Jokowi adalah Mahfud MD. Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013 ini, ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Polhukam.

2.       Menteri Koordinator Bidang Perekonomian: Airlangga Hartarto

Berikutnya adalah Airlangga Hartanto yang ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Pada kabinet I Jokowi sebelumnya, Airlangga Hartanto menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

3.       Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Muhadjir Effendy

Menteri ketiga yang diperkenalkan kepada publik adalah Muhadjir Effendy. Sama seperti Airlangga Hartanto, Muhadjir Effendy juga sebelumnya telah menjabat sebagai Menteri kabinet I Jokowi. Namun, Muhadjir yang tadinya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kini menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK)

4.       Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi: Luhut B. Panjaitan

Selanjutnya, Jokowi menyebutkan nama Luhut Binsar Panjaitan. Masih sama dengan jabatannya pada kabinet jilid I Jokowi, Luhut kini kembali menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

5.       Menteri Sekretaris Negara: Pratikno

Masih sama dengan jabatan sebelumnya, mantan rektor Universitas Gadjah Mada Pratikno kembali ditunjuk sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

6.  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional  PPN/Kepala Bappenas: Suharso Monoarfa

Sebelum menjabat sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso ditunjuk Jokowi menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada tahun 2015 silam. Suharso juga pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada periode 2004-2009.

7.       Menteri Dalam Negeri: Tito Karnavian

Sempat diperbincangkan oleh publik karena diberhentikan oleh Jokowi dari posisinya sebagai Kapolri, pagi hari ini Tito Karnavian pun diperkenalkan sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

8.       Menteri Luar Negeri: Retno LP Marsudi

Retno LP Marsudi kembali menjabat sebagai Menteri Luar Negeri. Menjabat sejak tahun 2014 lalu, Retno merupakan Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia.

9.       Menteri Pertahanan: Prabowo Subianto

Prabowo Subianto juga sempat menjadi buah bibir lantaran telah menjadi salah satu tamu Istana Negara menjelang pengumuman kabinet jilid II kemarin. Sesuai prediksi banyak pihak, Prabowo Subianto yang sempat mencalonkan diri menjadi Presiden, ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan oleh Presiden Jokowi.

10.   Menteri Hukum dan HAM: Yasonna Laoly

Selanjutnya adalah Yasonna Laoly. Yasonna kembali ditunjuk oleh Jokowi untuk menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) pada periode kali ini.

11.   Menteri Kominfo: Johnny G. Plate

Menteri selanjutnya yang diperkenalkan oleh Jokowi adalah Johnny G. Plate. Jokowi memperkenalkan Johnny sebagai Menteri Komunikasi & Informasi (Menkominfo).

12.   Menteri PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia) : Tjahjo Kumolo

Selanjutnya adalah Tjahjo Kumolo yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Pagi ini, Jokowi memperkenalkan Tjahjo sebagai Menteri PAN-RB.

13.   Menteri Keuangan: Sri Mulyani

Yang satu ini, tentu kalian sudah tidak asing ya, JULOvers? Jokowi kembali memperkenalkan Jokowi sebagai Menteri Keuangan periode 2019-2024 mendatang.

14.   Menteri BUMN: Erick Thohir

Menteri satu ini juga sempat menjadi trending di media sosial Twitter. Erick Thohir, tentu kalian juga sudah tidak asing dengan beliau kan? Pagi ini, Jokowi menunjuk Erick sebagai Menteri BUMN.

15.   Menteri Perindustrian: Agus Gumiwang Kartasasmita

Periode sebelumnya, Agus Gumiwang menjabat sebagai Menteri Sosial. Kini, Jokowi menunjuk Agus sebagai Menteri Perindustrian.

16.   Menteri Perdagangan: Agus Suparmanto

Menteri selanjutnya yang diperkenalkan oleh Jokowi adalah Agus Suparmanto. Pagi ini, Jokowi menunjuk Agus Suparmanto untuk menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

17.   Menteri Pertanian: Syahrul Yasin Limpo

Selanjutnya adalah Syahrul Yasin Limpo yang ditunjuk sebagai Menteri Pertanian. Syahrul sebelumnya pernah menjabat sebagai Gubernue Sulawesi Selatan sejak tahun 2008 hingga 2018 lalu.

18.   Menteri Koperasi dan UKM: Teten Masduki

Menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan hingga tahun 2018 lalu sebelum digantikan oleh Moeldoko, kini Jokowi menunjuk Teten untuk menjadi Menteri Koperasi dan UKM.

19. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional: Bambang Brodjonegoro

Menggantikan Mohamad Nasir, Bambang Brodjonegoro ditunjuk sebagai Menristekdikti.

20.   Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama Kusubandio

Nama ini juga sempat melejit menjadi trending di media sosial. Kehadiran Wishnutama yang sebelumnya aktif di dunia pertelevisian pada formasi kabinet Menteri kali ini memang menggegerkan publik. Kini, Jokowi menunjuk Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Wah, keren ya!

21.   Menteri Tenaga Kerja: Ida Fauziyah

Setelah hampir 20 tahun menjabat sebagai anggota DPR, kini Ida Fauziyah ditunjuk sebagai Menteri Tenaga Kerja oleh Presiden Jokowi.

22.   Menteri ESDM: Arifin Tasrif

Arifin Tasrif sebelumnya ditunjuk oleh Jokowi menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang. Kini, Arifin ditugaskan sebagai Menteri ESDM.

23.   Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono

Masih sama dengan jabatan sebelumnya, Basuki Hadimuljono kembali ditunjuk sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

24.   Menteri ATR/Kepala BPN: Sofyan Djalil

Sebelumnya Sofyan Djalil ditunjuk oleh Jokowi sebagai Menteri BUMN. Kini, Sofyan ditugaskan untuk menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia.

25.   Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya

Perempuan berikutnya yang diperkenalkan sebagai Menteri adalah Siti Nurbaya Bakar. Masih dengan posisi sebelumnya, Siti kembali ditunjuk untuk menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

26.   Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi

Sama seperti Siti, Budi Karya Sumadi juga kembali menjabat dengan posisi yang sama, yaitu Menteri Perhubungan.

27.   Menteri Kelautan dan Perikanan: Edhy Prabowo

Posisi Menteri Kelautan dan Perikanan sempat menjadi perbincangan dan juga trending di media sosial lantaran banyak sekali masyarakat yang mengharapkan bahwa Susi Pudjiastuti yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada kabinet jilid I Jokowi tidak digantikan. Namun pada akhirnya, Jokowi menunjuk Edhy Prabowo untuk menggantikan posisi Susi Pudjiastuti.

28.   Menteri Desa dan PDTT: Abdul Halim Iskandar

Menteri selanjutnya adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Posisi ini diisi oleh Abdul Halim Iskandar.

29.   Menteri Kesehatan: Terawan Agus Putranto

Selanjutnya adalah Terawan Agus Putranto. Dokter yang dikenal dengan metode “cuci otak” ini, kini menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

30.   Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Nadiem Makarim

Berikutnya adalah nama baru di dunia politik, JULOvers. Jika kamu melihat trending di media sosial, nama ini kerap menjadi trending sejak beberapa hari kebelakang. Nadiem Makarim, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Gojek dan menerima tawaran Jokowi untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Wah, menarik sekali ya!

31.   Menteri Sosial: Juliari P Batubara

Politisi PDIP, Juliari Batubara ditunjuk oleh Jokowi untuk menjadi Menteri Sosial pada periode 2019-2024 mendatang.

32.   Menteri Agama: Fachrul Razi

Fachrul Razi merupakan salah satu tokoh militer Indonesia. Kini, Fachrul Razi ditunjuk sebagai Menteri Agama oleh Jokowi.

33.   Menteri PPPA: I Gusti Ayu Bintang Darmawati

Perempuan selanjutnya yang ditunjuk oleh Jokowi adalah I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Ia ditunjuk untuk menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

34.   Menteri Pemuda & Olahraga: Zainudin Amali

Mantan anggota DPR dan Ketua DPP Partai Golkar Zainudin Amali dipercayakan Jokowi untuk menjadi Menteri Pemuda & Olahraga (Menpora).

B. Pejabat setingkat Menteri:

1.       Jaksa Agung: ST Burhanuddin

2.       Sekretaris Kabinet: Pramono Anung

3.       Kepala Staf Presidenan: Moeldoko

4.       Kepala BKPM: Bahlil Lahadalia

Source: Tempo.co

Itu dia JULOvers, list nama-nama Menteri kabinet jilid II periode 2019-2024 mendatang. Selamat bertugas juga untuk Presiden Jokowi & Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang baru saja dilantik pada 20 Oktober 2019 lalu. Yuk, bersama-sama kita dukung dan doakan yang terbaik untuk mereka agar dapat bekerja dengan baik serta memberi perubahan dan gebrakan baru untuk rakyat Indonesia!

Source: Instagram.com/Jokowi

Artikel Terkait

Leave a Comment