Kenali Ciri-Ciri Aplikasi Pinjam Uang Ilegal Berikut Ini!

kenali-ciri-aplikasi-pinjaman-online-ilegal

Semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, membuat orang-orang seringkali kehabisan uang dan terpaksa meminjam. Sebelum maraknya aplikasi pinjam uang, orang-orang pada umumnya memilih untuk meminjam uang di bank yang persentase penolakannya tinggi. Selain ke bank, mereka akan memilih untuk meminjam ke sanak saudara atau kerabat yang sebenarnya memberikan beban tersendiri. Jalan terakhirnya, mereka akan memilih untuk meminjam ke rentenir karena tidak memiliki pilihan lain.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, meminjam uang kini dapat dilakukan secara online. Bahkan, pinjam uang dapat dilakukan lewat aplikasi saja tanpa perlu bertatap muka. Kemajuan teknologi seperti ini tentu sangat membantu finansial mereka yang membutuhkan uang dalam keadaan darurat. Hadirnya aplikasi pinjam uang online saat ini semakin menjamur di Indonesia. Banyak orang yang merasa meminjam uang lewat aplikasi adalah hal yang wajar dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, walaupun banyak kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi pinjam uang, kamu harus tetap hati-hati saat memilih aplikasi pinjam uang yang tepat. Terlebih lagi, saat ini aplikasi pinjam uang ilegal sangat marak di Indonesia. Banyak orang yang tertipu dan merasa terbebani dengan adanya aplikasi pinjam uang ilegal ini.

Nah JULOvers, sebelum memilih aplikasi pinjam uang, ada baiknya kamu mengenali ciri-ciri aplikasi pinjam uang yang ilegal berikut ini:

1.   Kantor & Pengelola Tidak Valid

Cara pertama untuk melihat aplikasi pinjam uang yang kamu pilih ilegal atau tidak adalah dengan memastikan lokasi kantor beserta isinya. Kamu mungkin akan kesulitan untuk menemukan lokasi kantor dari aplikasi pinjam uang yang ilegal, bahkan alamat dan pengelola yang tertera tidak valid. Pinjaman online yang legal, tentunya memiliki alamat kantor dan pengelola yang valid. Cara mudahnya, ketika kamu mengetik nama aplikasi pinjam uang yang kamu tuju di Google, alamat dari aplikasi pinjaman uang online tersebut akan muncul dan mudah dilacak.

2.   Syarat & Ketentuan Sangat Mudah

Aplikasi pinjam uang online ilegal pada umumnya memberikan syarat dan ketentuan yang sangat mudah. Bahkan, proses pencairan dana sangat cepat dan instan. Tidak banyak juga data yang perlu kamu isi. Sedangkan, aplikasi pinjam uang yang legal, mewajibkan kamu untuk mengisi data yang diperlukan selengkap mungkin, seperti data pribadi, lampiran KTP, slip gaji, serta dokumen pendukung lainnya. Dana yang dicairkan oleh aplikasi pinjam uang yang legal memang tergolong cepat, namun tidak instan karena membutuhkan proses.

3.   Bunga & Denda Tinggi

Bunga merupakan salah satu hal yang seringkali menjadi beban dan pertimbangan bagi para calon peminjam. Beban bunga, hingga denda keterlambatan pembayaran aplikasi pinjam uang ilegal umumnya tinggi dan diakumulasi secara harian sehingga benar-benar menyulitkan para peminjam untuk membayarnya. Sedangkan, aplikasi pinjam uang yang legal memberikan keringanan untuk para peminjam, yaitu dengan bunga yang masuk akal dan tidak memberatkan peminjam.

4.   Mencuri Data Pelanggan

Ciri selanjutnya adalah mencuri data pelanggan. Sebelum persetujuan pinjaman dana, kamu perlu mengisi data yang disyaratkan oleh aplikasi. Data yang kamu masukan saat ingin meminjam lewat aplikasi pinjam uang harus merupakan data yang valid. Akan tetapi, kamu perlu hati-hati karena aplikasi pinjam uang ilegal seringkali menyadap data peminjam. Dari mulai data pribadi, data kontak nomor telepon, SMS, hingga Whatsapp pribadi peminjam.

5.   Cara Penagihan yang Tidak Sesuai dengan Kode Etik

Aplikasi pinjam uang ilegal kebanyakan menagih uang dengan cara yang tidak sesuai dengan kode etik penagihan. Dari mulai mengintimidasi, mempermalukan peminjam, sampai menagih dengan cara meneror. Bahkan, mereka tidak hanya menagih peminjam, namun sampai ke orang-orang terdekat peminjam atau orang-orang yang ada di kontak peminjam. Kontak tersebut mereka dapatkan dari hasil mencuri data pelanggan seperti poin di atas. Aplikasi pinjam uang yang legal tidak akan melakukan penagihan dengan cara tersebut karena mematuhi regulasi dari OJK.

Itu dia 5 ciri-ciri aplikasi pinjam uang ilegal yang saat ini masih banyak beredar di Indonesia. Bagi kamu yang ingin meminjam uang melalui aplikasi, ada baiknya untuk benar-benar memilih aplikasi pinjam uang yang legal ya. Kamu dapat menjadikan JULO pilihan yang tepat untuk meminjam uang. JULO menawarkan produk pinjaman hingga 8 juta rupiah dengan bunga yang rendah mulai dari 0,1% perhari. JULO juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lho. Berikut adalah langkah untuk meminjam di JULO:

Jadi, sedang butuh uang untuk memenuhi kebutuhanmu? Yuk, download aplikasi JULO dan ajukan pinjamanmu sekarang!

Baca juga: Pinjaman Sering Ditolak? Begini Cara Tingkatkan Skor Kredit!

Artikel Terkait

Leave a Comment