Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Menggunakan Paylater?
1. Melakukan Verifikasi Akun
2. Melakukan Aktivasi Paylater
3. Menunggu Informasi Penyedia Paylater

3 Cara Menggunakan Paylater: Mudah Banget, Lho!

cara menggunakan paylater

Apakah kamu bingung cara menggunakan paylater? Paylater sendiri adalah suatu sistem pembayaran yang membuat kamu bisa membeli suatu produk saat ini dan membayarnya di kemudian hari. Prinsip sistem pembayaran ini hampir sama dengan kartu kredit, hanya saja tidak memerlukan kartu. 

Saat ini sistem pembayaran paylater sangat populer karena prosesnya mudah dan bisa membantu memenuhi kebutuhan di hari-hari dompet menipis, alias belum gajian. Namun penggunaannya mungkin masih membingungkan untuk beberapa orang, oleh karena itulah kami akan memberi tahu caranya di sini. 

Bagaimana Cara Menggunakan Paylater?

Saat ini sudah banyak aplikasi pembayaran yang menyediakan layanan paylater bagi para pengguna. Kamu bisa menemukan paylater di mana saja, seperti aplikasi marketplace, pembayaran, ojek online, dan lain sebagainya. Secara umum penggunaan paylater di setiap aplikasi sama, di mana transaksi pembayaran yang kamu lakukan akan dibayar terlebih dahulu oleh penyedia layanan paylater

Perlu diingat, setiap penyedia layanan paylater juga memiliki batas atau limit yang bisa kamu gunakan. Jadi kamu perlu memperhatikan limit saat ingin menggunakan paylater. Semakin sering kamu menggunakan layanan paylater dan tidak ada kendala dalam pembayaran, limit yang diberikan oleh penyedia layanan paylater juga semakin besar. 

Namun sebelum akhirnya bisa menggunakan layanan ini, penyedia layanan tersebut akan melakukan proses verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kamu bisa dipercaya. Apabila ada suatu kejadian yang menyangkut kedua pihak, maka penyelesaian bisa dilakukan dengan data verifikasi tersebut. Berikut ini adalah cara menggunakan paylater yang dapat kamu coba terapkan: 

1. Melakukan Verifikasi Akun

seseorang sedang memeriksa dokumen dengan kaca pembesar

(Sumber: Pixabay)

Untuk dapat mengaktifkan paylater, biasanya penyedia layanan tersebut akan memerlukan verifikasi akun yang kamu buat. Lakukanlah verifikasi akun dengan mengikuti semua instruksi yang muncul pada layar smartphone kamu.

Baca Juga: 5 Syarat Pinjaman Online Yang Harus Dipenuhi

Biasanya proses verifikasi akan meminta foto wajah, foto KTP, foto wajah dengan KTP, dan beberapa data pribadi yang harus diisi. Jika sudah selesai, maka penyedia layanan akan memberikan notifikasi terkait verifikasi akun kamu. Ini merupakan cara menggunakan paylater yang pertama. Setelah mendapatkan notifikasi bahwa akun telah terverifikasi, kamu bisa mulai melanjutkan tahap aktivasi paylater.

bayar tagihan online Julo

2. Melakukan Aktivasi Paylater

seseorang sedang mengisi formulir

(Sumber: Pexels)

Cara menggunakan paylater yang selanjutnya adalah dengan melakukan proses aktivasi. Umumnya proses aktivasi paylater dengan verifikasi akun hampir sama. Kamu akan diminta mengisi data pribadi beserta dengan foto-foto dokumen yang penyedia layanan butuhkan. Proses aktivasi juga cukup mudah dan cepat, bahkan tidak lebih dari 10 menit. Kamu hanya perlu mengikuti setiap instruksi yang ada pada layar smartphone dan isi semua datanya dengan benar. 

3. Menunggu Informasi Penyedia Paylater

seseorang menatap layar handphone sambil memegang gelas kopi

(Sumber: Pexels)

Saat proses aktivasi selesai, kamu perlu menunggu penyedia layanan kembali melakukan verifikasi terkait data dan dokumen yang sebelumnya telah diberikan. Waktu pengerjaan setiap penyedia layanan umumnya berbeda-beda, namun diperkirakan waktunya sekitar 3 x 24 jam.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair & Terdaftar OJK! 

Kamu akan diberitahukan melalui notifikasi dari penyedia layanan paylater tersebut. Jika sudah ada notifikasi bahwa proses verifikasi selesai, maka pengajuan penggunaan paylater kamu telah disetujui. Kamu bisa langsung menggunakan layanan paylater tersebut. 

Bagaimana? Cara menggunakan paylater mudah, bukan? Kamu bisa memanfaatkan layanan paylater untuk berbagai macam kegiatan pembayaran, khususnya saat ada promo dengan pembayaran paylater. Sudah tertarik menggunakannya? JULO bisa jadi tempat yang tepat. Membayar dari berbagai e-commerce, melakukan transfer, tarik tunai, dan transaksi lainnya jadi mudah bersama JULO. 

JULO sudah terbukti aman dan bisa dipercaya oleh berbagai kalangan di masyarakat. JULOvers bahkan bisa menggunakan layanan kredit digital untuk berbagai kebutuhan, seperti renovasi rumah, biaya kuliah, dan masih banyak lagi. Semua kemudahan dari satu aplikasi ini bisa kamu rasakan di JULO! Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya