Begini Cara Memilih Hewan Kurban yang Sehat & Tepat

tips-cara-memilih-hewan-kurban

Sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Jika melihat kalender, Idul Adha 1440 H  akan jatuh pada hari Sabtu, 11 Agustus 2019. Idul Adha identik dengan momen untuk melakukan kurban. Menjelang Idul Adha, kamu pasti akan menemukan banyak tempat yang menjual hewan-hewan kurban di pinggir jalan. Sesuai syari’at Islam, hewan yang dapat di kurban adalah hewan ternak yaitu sapi, domba, kambing, maupun unta. Namun, mayoritas muslim biasanya mengurbankan hewan sapi dan kambing.

Dalam Islam, hukum berkurban adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Jadi, berkurbanlah ketika kamu mampu melakukannya. 

Manfaat Berkurban

Nah, sebelum memilih hewan yang ingin kamu kurbankan, yuk, simak manfaat berkurban serta kriteria hewan kurban menurut Syari’at Islam!

Manfaat Berkurban:

  1. Sebagai tanda syukur atas nikmat Allah SWT
  2. Memberikan manfaat pada sesama
  3. Mensucikan harta & jiwa
  4. Menunjukan ciri keislaman seseorang
  5. Melestarikan sunnah kisah Nabi Ibrahim AS
  6. Sebagai pengampunan dosa

Kriteria Hewan Kurban

Sedangkan, berikut ini adalah kriteria hewan kurban menurut Syari’at Islam:

1.       Hewan Kurban Merupakan Hewan Ternak

Seperti yang telah dibahas di atas, hewan yang ingin dikurbankan adalah wajib hewan ternak. Hewan ternak tersebut adalah sapi, kambing, domba, dan juga unta.

2.       Usia Hewan Sesuai Syari’at Islam

Usia hewan ternak ini merupakan poin yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Terdapat usia minimal yang harus kamu patuhi ketika ingin memilih hewan untuk dikurbankan. Berikut adalah minimal usia hewan kurban

  • Domba
    Minimal genap 6 bulan, masuk usia 7 bulan.
  • Kambing
    Minimal genap 1 tahun, masuk tahun ke-2.
  • Sapi
    Minimal genap 2 tahun, masuk tahun ke-3.
  • Unta
    Minimal genap 5 tahun, masuk tahun ke-6.

3.       Bebas dari Aib (Cacat)

Selain dua poin di atas, kamu juga harus memperhatikan hewan kurban dari fisiknya. Hewan kurban yang kamu pilih harus bebas dari aib (cacat) yang dapat menyebabkan hewan tersebut tidak sah ketika dikurbankan. Berikut ciri-ciri aib (cacat) yang dimaksud:

  • Buta sebelah mata
  • Sakit yang jelas
  • Pincang yang jelas
  • Sangat kurus, hingga tidak memiliki sumsung tulang

4.       Dimiliki dengan Cara Halal

Poin terakhir hewan kurban harus dimiliki dengan cara yang halal. Jangan sampai kamu mencuri, merampas, atau bahkan menggunakan uang yang haram demi mengurbankan hewan.

Tips Memilih Hewan Kurban

Selain kriteria di atas, berikut adalah tips untuk memilih hewan kurban yang baik dan sehat:

1.   Pilih Tempat Membeli Hewan Kurban yang Tepat

Memilih tempat untuk membeli hewan kurban juga perlu menjadi sebuah pertimbangan. Jangan terburu-buru dalam memilih tempat membeli hewan kurban, pertimbangkan juga beberapa hal, terutama dari lingkungannya. Pilihlah tempat jual hewan kurban yang lingkungannya bersih, karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan tingkat stress hewan kurban tersebut, JULOvers.

2.   Pilih Hewan Dalam Keadaan Sehat

Selain tempatnya, perhatikan juga keadaan fisik dari hewan kurban yang ingin kamu beli. Selain jangan sampai ada cacat pada fisiknya, perhatikan juga hal-hal berikut ini:

  • Gerakan hewan lincah
  • Bulu-bulu tubuhnya bersih
  • Bola mata bersih dan cerah
  • Tidak terlalu kurus
  • Kotoran normal, tidak encer
  • Nafsu makan baik

3.   Perhatikan Organ Tubuh

Ketika memilih hewan kurban, kamu harus turun langsung ke lokasi penjualan hewan kurban agar dapat melihat secara langsung hewan kurban manakah yang ingin kamu pilih. Kamu harus memperhatikan tiap organ tubuh hewan sampai ke kulit-kulitnya agar tidak salah memilih.

4.   Sesuaikan Kemampuan Uang

Terakhir, jangan lupa untuk menyesuaikan kemampuan yang kamu miliki dengan harga hewan ternak yang kamu pilih. Berikut adalah kisaran harga kurban di tahun 2019:

  • Kambing : 1,4 juta – 2,5 juta
  • Sapi (300-350kg) : 18 juta – 20 juta
  • Domba : 4 juta – 4,75 juta
  • Unta : 25 juta – 27,5 juta

Nah JULOvers, itu dia cara memilih hewan kurban yang baik dan juga sehat. Jangan sampai salah ketika ingin memilih hewan untuk dikurbankan, ya. Yang perlu diperhatikan juga, menurut ketentuan Islam, pembagian daging yang kamu kurbankan adalah seperti ini: 1/3 untuk yang berkurban, 1/3 untuk diberikan kepada orang-orang fakir, dan 1/3 lagi untuk diberikan kepada kerabatmu.

Tidak ada paksaan untuk melakukan kurban dalam Islam. Jika kamu mampu dan memiliki rezeki yang cukup untuk berkurban, silahkan lakukan. Akan tetapi, jangan berkurban jika kamu terpaksa, atau hanya karena gengsi dan ingin menunjukkan bahwa kamu memiliki harta berlimpah. Berkurban harus secara sukarela dan penuh dengan keikhlasan, JULOvers. Jika kamu belum mampu untuk berkurban di tahun ini, kamu bisa mulai menabung untuk berkurban di tahun berikutnya. Jadi, apakah kamu berniat untuk berkurban di tahun ini?

Baca juga: Jangan Lewatkan Promo Besar-Besaran Bulan Agustus 2019 Nanti!

Artikel Terkait

Leave a Comment