Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar!

cara membuat surat lamaran kerja

Mendapatkan pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah. Begitu banyak pencari kerja di Indonesia yang masih menganggur, dimana jumlahnya tidak sebanding dengan lowongan kerja yang tersedia. Seiring berjalannya waktu, mencari lowongan kerja memanglah semakin mudah dan efektif. Hanya bermodalkan internet, kamu dapat mencari serta melamar berbagai macam lowongan kerja di beragam lokasi, dalam maupun luar negeri. Bahkan, kamu dapat menyesuaikan kemampuan yang kamu miliki, latar belakang pendidikan, hingga gaji yang kamu inginkan. Akan tetapi, secara tidak langsung, kemudahan tersebut membuat kamu jadi lebih banyak saingan dalam mencari kerja. Apalagi jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman dan skill yang bisa kamu tonjolkan.

Sulitnya mendapatkan pekerjaan, atau bahkan panggilan interview mungkin membuat kamu  menjadi seringkali kebingungan dan bertanya-tanya apa yang salah dengan lamaran pekerjaan maupun CV milikmu. Semua dirasa sudah lengkap dan memenuhi syarat, namun panggilan tersebut tidak kunjung datang. Kalau sudah begitu, sudahkah kamu mengecek surat lamaran kerjamu? Hal ini mungkin terkesan sepele bagi sebagian orang, namun nyatanya, surat lamaran kerja penting dan perlu diperhatikan. Perusahaan pada dasarnya tidak hanya menilai para kandidat dari CV saja, namun juga memperhatikan surat lamaran kerja yang dibuat. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mengecek surat lamaran kerjamu sebelum mengirimnya ke perusahaan-perusahaan yang kamu tuju.

Kenapa surat lamaran kerja penting?

  1. Surat lamaran kerja  yang baik, benar dan rapi dapat mencerminkan komunikasi yang baik dari calon kandidat.
  2. Surat lamaran kerja yang kamu buat dapat meyakinkan apakah CV yang kamu lampirkan benar atau tidak, serta memberi nilai plus untuk kamu.
  3. Surat lamaran kerja juga menunjukan bahwa para pelamar memiliki niat dan effort untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika surat lamaran kerja menarik, maka besar peluang kamu dihubungi untuk interview.

Nah, berikut ini adalah tips untuk menulis surat lamaran kerja versi JULO!

1.       Gunakanlah Bahasa yang Baik & Benar

Dalam menulis surat lamaran kerja, kamu wajib menggunakan bahasa yang baik, sopan, benar, serta memberikan kesan profesional. Tidak hanya pengalaman dan skill mu yang diperhatikan, namun juga tata bahasa dan EYD yang tepat, kalimat tidak diulang-ulang atau repetitif. Jika menggunakan bahasa Inggris, usahakanlah untuk menggunakan grammar yang tepat.

2.       Singkat, Padat, Jelas

Surat lamaran kerjamu akan lebih baik jika ditulis dengan singkat, padat dan jelas. Jangan menggunakan kalimat-kalimat yang rumit dan sulit dimengerti. Jangan bertele-tele dan berikan poin penting yang dapat menjadi highlight dari surat lamaran kerjamu.

3.       Jangan Copy Paste

Ini adalah salah satu hal yang penting yang perlu kamu perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Contoh dan template surat lamaran kerja memang banyak sekali ada di internet, sehingga memudahkan kamu untuk mencari referensi. Kamu tentu dapat menggunakan contoh-contoh tersebut, namun jangan sampai lupa untuk mengedit contoh surat lamaran kerjanya sesuai dengan kebutuhanmu. Poin penting seperti tujuan perusahaan, tanggal, identitas jangan sampai lupa kamu ganti, ya. Kalau sampai kamu lupa ganti, itu merupakan hal fatal yang bisa mengurangi penilaian terhadapmu.

4.       Lengkapi Surat Lamaran

Lengkapi surat lamaran kerjamu dengan data-data yang dibutuhkan, misalnya fotokopi KTP, surat referensi pekerjaan, sertifikat, piagam, transkrip, dan sebagainya sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan.  

Poin Penting Surat Lamaran Kerja

Ketika membuat surat lamaran kerja, ada beberapa poin penting yang wajib kamu masukan dalam surat lamaran kerjamu, lho.

  1. Tempat/tanggal surat
  2. Perusahaan/HRD yang dituju
  3. Ucapan salam
  4. Kata pengantar
  5. Biodata pribadi secara singkat dan jelas
  6. Latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja dan kemampuan yang dimiliki
  7. Penutup

Contoh template surat lamaran kerja yang dapat kamu jadikan referensi!

Jakarta, 08 November 2019
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth. HRD PT Kompas Gramedia
Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website Tech In Asia, PT Kompas Gramedia saat ini membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Reporter. Oleh karena itu, bersamaan dengan surat ini, saya ingin melamar pekerjaan di PT Kompas Gramedia untuk mengisi posisi tersebut.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Mulyadi
Tempat/Tanggal lahir : Jakarta, 8 September 1989
Alamat : Jl Panjang RT 008 RW 005, Jakarta Barat
Telepon : 08525248099

Saya memiliki latar belakang pendidikan jurnalistik, yang kiranya akan berguna untuk mengisi posisi ini. Saya mampu menulis dengan baik, serta mengerti dasar-dasar seorang Reporter. Saya juga merupakan seseorang yang pekerja keras, memiliki prinsip dan juga mudah bergaul.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen untuk pertimbangan:
1. Pas Photo Terbaru
2. Fotocopy KTP
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Fotocopy Ijazah Terakhir
5. Fotocopy Sertifikat Jurnalistik
6. Fotocopy Sertifikat PKL


Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk bekerja di perusahaan ini. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya

(Mulyadi)

Nah, setelah mengetahui tips, serta poin penting surat lamaran kerja, semoga kedepannya kamu bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, ya. Walaupun umumnya perusahaan memperhatikan isi CV-mu, jangan sampai lupa bahwa surat lamaran kerja juga menjadi komponen yang diperhatikan oleh mereka. Tetap semangat dan berikan yang terbaik saat mencari kerja ya, JULOvers!

Baca juga: 4 Rekomendasi Situs Terbaik Untuk Mencari Lowongan Kerja

Artikel Terkait

Leave a Comment