Begini Cara Mudah Membuat KlikBCA!

cara-membuat-klikbca

Para nasabah Bank Central Asia (BCA) pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan KlikBCA. Layanan KlikBCA hadir untuk memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan individual. Dengan layanan KlikBCA, anda dapat melakukan transaksi kapan saja, dan dimana saja, sekalipun sedang tidak berada di ATM atau kantor cabang BCA. Hampir semua transaksi yang biasa dilakukan di ATM dan kantor cabang BCA, dapat dilakukan melalui KlikBCA ini, lho. Layanan KlikBCA juga dapat diakses selama 24 jam penuh, jadi tidak perlu khawatir jika tiba-tiba kamu harus bertransaksi untuk kebutuhan mendadak dan darurat.

Sebelum masuk ke bagaimana cara mendaftar KlikBCA, kita pahami dulu yuk, kelebihan dan kekurangan dari KlikBCA!

Kelebihan KlikBCA

1. Kemudahan Bertransaksi

Dengan layanan KlikBCA, kamu dapat melakukan berbagai transaksi tanpa harus ke ATM atau ke kantor cabang BCA. Misalnya, jika kamu ingin membayar tagihan PLN, internet, belanja online di e-commerce, membeli tiket pesawat, hotel, dan sebagainya. Kamu dapat menggunakan layanan KlikBCA untuk melakukan semua transaksi tersebut.

2. Praktis & Efisien

Hadirnya layanan KlikBCA memang ditujukan agar para nasabah lebih praktis dalam melakukan transaksi. Karena dengan menggunakan layanan KlikBCA, kamu bisa melakukan transaksi kapan pun dan dimana pun tanpa harus keluar rumah atau beranjak dari lokasi saat kamu ingin melakukan transaksi!

3. Aman & Terlindungi

Tidak perlu khawatir, transaksi yang kamu lakukan melalui KlikBCA, aman dan terlindungi. Ketika kamu mendaftarkan diri untuk membuat KlikBCA, kamu akan mendapatkan sebuah alat bernama KeyBCA yang akan kamu gunakan tiap transaksi. KeyBCA akan memberikan password yang berbeda tiap transaksi yang kamu lakukan, jadi tidak perlu khawatir akan keamanan transaksi yang ingin kamu lakukan. 

4. Bisa digunakan lewat smartphone!

Dengan hadirnya teknologi yang kian canggih, KlikBCA dapat kamu akses juga melalui smartphone, lho. Jadi, tidak hanya melalui laptop atau PC saja. Akses penggunaan lewat smartphone ini tentu memudahkan dan sangat membantu bagi kamu yang sering bepergian tanpa membawa laptop. 

Kekurangan KlikBCA

Dengan kelebihan yang ada, kamu harus tetap mengetahui bagaimana kekurangan yang mungkin terjadi dari penggunaan KlikBCA. Yuk, simak kekurangannya berikut ini! 

1. Kemungkinan Hacker 

Walaupun aman dengan adanya KeyBCA, pengguna KlikBCA harus tetap waspada dalam melakukan transaksi. Hacker bisa dengan canggih dan melakukan berbagai cara jika ingin mencuri data yang kamu miliki. 

2. Modus Penipuan 

Modus penipuan juga bisa saja terjadi. Hingga saat ini, penipuan tidak bisa dengan mudah kita hindari. Terlebih lagi, layanan KlikBCA yang kita gunakan bergantung pada internet. Penipuan melalui internet juga masih sangat marak terjadi, sehingga mewajibkan kamu untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam transaksi karena rawan terhadap penyadapan data nasabah.

3. Koneksi Internet yang Harus Stabil

Karena layanan KlikBCA bergantung pada internet, ketika kamu melakukan transaksi, carilah tempat dengan sinyal yang baik. Jika sinyal internetmu lemah, tentu kamu tidak bisa menyelesaikan transaksi yang kamu lakukan. Hal ini cukup menyulitkan jika kamu berada di daerah yang internetnya kurang stabil. 

4. Tidak Bisa Tarik Tunai

Walaupun hampir semua transaksi bisa dilakukan menggunakan layanan KlikBCA, kamu tidak bisa melakukan transaksi tarik tunai. Jadi, jika ingin mengambil uang, kamu masih perlu untuk datang ke ATM terdekat ya, JULOvers. 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari layanan KlikBCA, kamu masih berminat untuk membuatnya, nggak? Jika iya, sekarang kita masuk ke cara mendaftar KlikBCA ya, JULOvers! Kamu dapat membuat KlikBCA dengan du acara, melalui ATM, atau langsung mendatangi kantor cabang BCA terdekat. Akan tetapi, jika hanya melalui ATM, tidak semua fitur layanan KlikBCA bisa kamu gunakan. 

Cara Membuat KlikBCA

Begini caranya membuat KlikBCA via ATM: 

  1. Kunjungi ATM BCA terdekat dari lokasimu
  2. Masukan PIN ATM yang berjumlah 6 digit
  3. Klik “Daftar E-Banking”
  4. Klik “Internet Banking”
  5. Masukan PIN KlikBCA yang ingin kamu buat
  6. Masukan kembali PIN yang sama
  7. Setelah itu, akan keluar struk yang merupakan bukti transaksi yang kamu lakukan telah sukses. 

Cara Melakukan Aktivasi KlikBCA

Selanjutnya, kamu perlu melakukan aktivasi KlikBCA terlebih dahulu. 

  1. Kunjungi website KlikBCA individual melalui laptop, PC, atau smartphone milikmu. 
  2. Masukan USER ID yang telah tertera di struk
  3. Masukan PIN yang telah kamu buat sebelumnya
  4. Klik “Setuju” ketika muncul Syarat & Ketentuan di layer
  5. Masukan e-mail milikmu yang aktif, dan klik “Kirim”

Nah, jika kamu ingin menggunakan seluruh layanan di KlikBCA, kamu perlu mendatangi langsung kantor cabang BCA terdekat dan mempersiapkan hal ini:

  1. Siapkan buku tabungan BCA milikmu
  2. Siapkan juga data dirimu seperti KTP/SIM/Paspor

Jika dokumen di atas sudah siap, datanglah ke kantor cabang BCA untuk membuat akun KlikBCA mu. Siapkan juga email yang aktif untuk digunakan. Jangan lupa untuk datang pagi ya, agar tidak harus mengantri lama. 

Itu dia kekurangan, kelebihan serta cara mendaftarkan diri untuk membuat KlikBCA yang sangat mudah. Walaupun terkesan mudah dan efisien, kamu harus tetap waspada dan hati-hati dalam menggunakannya ya! Ingatlah, seaman apapun aktivitas yang kamu lakukan, tetap ada risiko yang perlu kamu hadapi. Selamat mencoba dan merasakan kemudahan bertransaksi dengan KlikBCA, JULOvers!

Baca juga: Cara Hasilkan Uang dari Internet yang Dapat Kamu Coba

Artikel Terkait

Leave a Comment