Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Syarat BI Checking?
1. Syarat Debitur Perseorangan
2. Syarat Debitur Badan Usaha
3. Syarat Debitur (Jika Sudah Meninggal Dunia)
Cara BI Checking dengan Mudah
Apa Maksud Skor BI Checking
Skor 1
Skor 2
Skor 3
Skor 4
Skor 5
Tarik Dana Aman di JULO Sekarang Juga!

Begini Cara Cek BI Checking, Berapa Skor yang Aman?

Cara Cek BI Checking

Dalam dunia keuangan, istilah "BI Checking" sering kali terdengar, namun tidak semua orang memahami apa itu sebenarnya dan bagaimana cara kerjanya. Bagi nasabah yang memahami dunia kredit dalam perbankan tentu penasaran bagaimana cara cek BI Checking

BI Checking, atau yang juga dikenal dengan nama SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan), adalah sistem yang digunakan untuk memantau dan mengevaluasi riwayat kredit seseorang atau sebuah entitas bisnis.

Sistem ini memainkan peranan penting dalam proses pengajuan kredit atau pinjaman, karena lembaga keuangan akan memeriksa riwayat kredit melalui sistem ini sebelum menyetujui atau menolak pengajuan kredit kamu, baik untuk KTA maupun pinjaman online.

Pentingnya memahami BI Checking tidak hanya bagi mereka yang berencana mengajukan pinjaman atau kredit, tetapi juga bagi semua orang untuk mengawasi kesehatan keuangan mereka. Dengan memahami cara cek BI Checking dan mengetahui skor kredit yang aman, Kamu dapat meningkatkan peluang Kamu untuk mendapatkan persetujuan kredit, sekaligus menjaga reputasi keuangan yang baik.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Apa Saja Syarat BI Checking?

Untuk mengetahui cara cek BI Checking atau SLIK OJK memerlukan beberapa dokumen yang harus dipersiapkan. Dokumen yang diperlukan bervariasi tergantung pada kategori debitur, apakah itu perseorangan, badan usaha, atau debitur yang telah meninggal dunia. Berikut adalah rincian syarat untuk masing-masing kategori:

1. Syarat Debitur Perseorangan

  • Warga Negara Indonesia (WNI): Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai bukti identitas yang sah.
  • Warga Negara Asing (WNA): Paspor yang masih aktif untuk membuktikan identitas.

2. Syarat Debitur Badan Usaha

  • Kartu identitas yang berlaku (KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA).
  • NPWP Badan Usaha.
  • Akta Pendirian Badan Usaha.
  • Perubahan Anggaran Dasar (PAD) Terakhir.

3. Syarat Debitur (Jika Sudah Meninggal Dunia)

  • Identitas Ahli Waris (KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA).
  • Dokumen Asli Riwayat Kematian.
  • Dokumen yang Menunjukkan Hubungan Ahli Waris dengan Debitur.

Baca Juga: Rekomendasi Pinjaman Online Resmi yang Aman, Terdaftar di OJK

Cara BI Checking dengan Mudah

Melakukan pengecekan BI Checking atau SLIK OJK kini bisa dilakukan secara online dengan langkah-langkah yang mudah dan cepat. Berikut adalah proses untuk melakukan cek BI Checking melalui platform online:

  1. Masuk ke laman idebku.ojk.go.id. Situs ini merupakan platform resmi dari OJK untuk layanan informasi debitur.
  2. Klik tombol pendaftaran untuk memulai proses. Kamu akan diminta untuk memasukkan data pribadi, mulai dari jenis debitur, kewarganegaraan, jenis identitas debitur, dan nomor identitas.
  3. Isi Data Diri
  4. Kamu akan diminta untuk mengunggah beberapa dokumen, yaitu foto identitas, foto diri bersama kartu identitas, dan foto diri Kamu. 
  5. Setelah semua data diisi dan dokumen diunggah, ceklis pada keterangan yang menyatakan semua data yang disampaikan benar.
  6. Kemudian, tekan tombol "Ajukan Permohonan" untuk mengirimkan permohonan Kamu.
  7. Setelah mengajukan permohonan, Kamu akan menerima pemberitahuan bahwa pendaftaran berhasil. Kamu akan melihat nomor pendaftaran yang bisa dicopy untuk referensi di masa mendatang.
  8. Kamu dapat mengecek status permohonan dengan mengklik tombol "Status Layanan" dan memasukkan nomor pendaftaran Kamu.
  9. OJK akan memproses permohonan Kamu dan mengirimkan hasilnya melalui email paling lambat 1 hari setelah permohonan selesai.

Apa Maksud Skor BI Checking

Dalam sistem BI Checking, skor kredit atau status kolektibilitas dibagi menjadi lima tingkatan yang mencerminkan kualitas kredit debitur. Berikut adalah rincian skor kredit berdasarkan BI Checking:

Skor 1

Debitur dalam kategori ini selalu memenuhi kewajiban pembayaran cicilan bulanan beserta bunganya tepat waktu tanpa pernah menunggak. Ini menandakan kondisi keuangan yang sangat baik dan risiko rendah bagi bank.

Skor 2

Artinya, debitur tercatat menunggak cicilan kredit antara 1 hingga 90 hari. Meskipun masih dapat dikelola, kondisi ini memerlukan pengawasan karena berpotensi berdampak pada kualitas kredit.

Skor 3

Debitur dengan skor ini tercatat menunggak cicilan kredit antara 91 hingga 120 hari. Skor ini menunjukkan masalah keuangan yang lebih serius, dan debitur ini seringkali masuk dalam kategori penolakan oleh bank.

Skor 4

Menunjukkan bahwa debitur menunggak cicilan kredit antara 121 hingga 180 hari. Risiko yang terkait dengan debitur ini sangat tinggi, dan bank sangat berhati-hati dalam memberikan kredit.

Skor 5

Debitur dengan skor ini tercatat menunggak cicilan kredit lebih dari 180 hari. Ini merupakan kondisi terburuk, dimana debitur masuk dalam blacklist BI Checking dan sangat tidak disukai oleh bank karena berpotensi menambah Non Performing Loan (NPL).

Bank akan menolak pengajuan kredit dari calon debitur yang memiliki skor 3, skor 4, dan skor 5, karena ini menunjukkan risiko yang tinggi dan potensi untuk menambah NPL. NPL sendiri merupakan indikator penting yang menunjukkan seberapa sehat suatu bank, dengan adanya NPL yang tinggi dapat mengakibatkan berkurangnya modal bank dan berimbas pada kegiatan pemberian kredit di masa depan.

Calon debitur dengan skor 1 adalah yang paling disukai oleh bank karena menunjukkan risiko yang rendah. Sementara itu, debitur dengan skor 2 masih perlu diawasi lebih lanjut, karena ada kemungkinan kondisi ini bisa berdampak negatif pada NPL bank.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Tarik Dana Aman di JULO Sekarang Juga!

Dalam situasi yang menantang sekalipun, JULO muncul sebagai solusi keuangan yang tepercaya untuk para JULOvers. Dengan statusnya yang sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), JULO menawarkan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna layanan kredit digital. Ini berarti, sebagai pengguna JULO, Kamu tidak perlu merasa ragu atau cemas lagi saat menggunakan layanan pinjaman online kami.

Cara Mudah Tarik Dana di JULO:

  1. Buka aplikasi JULO dan klik pada fitur ‘Tarik Dana’ yang tersedia di halaman utama.
  2. Tentukan jumlah dana yang ingin ditarik, pilih jangka waktu tenor, dan tujuannya.
  3. Konfirmasikan penarikan dana dengan memasukkan PIN dan tanda tangan digital Kamu.

Keunggulan Layanan JULO Kredit Digital:

  • JULO Kredit Digital menawarkan limit pinjaman yang tinggi, hingga Rp50 juta, memberikan kemudahan bagi JULOvers untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial.
  • Kami menawarkan opsi cicilan yang ringan dengan tenor yang fleksibel hingga 9 bulan, memudahkan Kamu dalam mengatur keuangan.
  • Tingkat bunga yang rendah mulai dari 0,1% per hari, sesuai dengan ketentuan AFPI, menjamin tidak adanya biaya tambahan yang tidak terduga.
  • Kami mengutamakan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna, termasuk dalam praktik penagihan yang bersifat manusiawi dan telah tersertifikasi.
  • Di JULO, Kamu juga dapat menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian, membuat proses pembayaran menjadi lebih mudah dan teratur.

JULO tidak hanya menyediakan layanan kredit yang aman dan terpercaya, tetapi juga kondisi pinjaman yang menguntungkan bagi penggunanya. Tarik dana di JULO sekarang juga, dan nikmati kemudahan serta keamanan dalam mengatur keuangan Kamu tanpa kekhawatiran.

Percayakan Kebutuhan Finansialmu di JULO!

JULO sudah terdaftar di OJK dan tergabung dengan AFPI demi keamanan dan kemudahan kebutuhan finansialmu!  

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
pinjaman online bunga kecil
Gaya Hidup
cara-transfer-kuota-telkomsel