Cara Ampuh Menabung & Mempersiapkan Liburan!

Seringkali kita merasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari yang kita lakukan. Sebagai contoh, jika kamu adalah seorang karyawan, tentu ada titik jenuh yang pernah atau sedang kamu rasakan ketika harus bangun pagi, merasakan kemacetan di jalan, dihadapi dengan tumpukan pekerjaan, jadwal meeting, hingga harus kembali merasakan macet di jam pulang kerja. Contoh lain, jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga, sangat wajar jika kamu merasakan titik jenuh melakukan rutinitas yang itu-itu saja. Terlebih lagi, banyak ibu rumah tangga yang tidak punya banyak waktu untuk menyenangkan dirinya sendiri karena terlalu sibuk untuk mengurus urusan rumah. Kalau sudah begitu, apa solusi terbaiknya?

Ada beragam cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh yang kamu rasakan terhadap rutinitas sehari-hari. Salah satunya adalah dengan cara berlibur, JULOvers! Jika kamu memiliki waktu dan budget yang cukup untuk berlibur sejenak untuk kembali menyegarkan pikiran dari kejenuhan, solusi ini adalah solusi yang tepat untuk kamu. Namun, untuk berlibur, tentu kamu membutuhkan budget tersendiri kan? Jangan sampai, keuanganmu terganggu karena ngebet liburan. Sebelum itu, ada baiknya kamu mempersiapkan tabungan terlebih dahulu. Mempersiapkan tabungan, sekalipun untuk berlibur tentu tidaklah mudah. Tidak semua manusia dapat konsisten untuk menabung dan bisa menyisihkan sebagian gaji atau pendapatannya untuk hal-hal lain selain kebutuhan utamanya.

Oleh karena itu, kali ini JULO akan membahas beberapa cara menabung yang dapat kamu terapkan jika ingin mengumpulkan uang untuk berlibur sejenak! Cara menabung yang akan JULO bahas merupakan cara menabung yang simpel, dan sebenarnya bisa juga kamu terapkan sekalipun kamu tidak ingin menabung. Penasaran apa saja cara menabungnya?

Yuk, simak cara menabung untuk liburan yang dapat kamu lakukan!

1.   Tetapkan Target

Sebelum masuk ke langkah-langkah menabung lainnya, cara menabung pertama yang dapat kamu aplikasikan adalah dengan menetapkan target. Target yang dimaksud di sini adalah target budget atau target tabungan yang ingin kamu kumpulkan untuk liburan. Tentukan juga jangka waktu untuk mengumpulkan tabunganmu tersebut.

Contoh: Kamu ingin menabung selama setahun, dengan presentase tabungan untuk liburan sebesar 20% dari pendapatan tiap bulannya.

Gajimu adalah Rp 3.500.000 x 20% = Rp 700.000/bulan. Dalam satu tahun, kamu dapat mengumpulkan sebanyak Rp 8.400.000! Lumayan banget, kan?

2.   Alokasikan Gaji/Pendapatan Langsung, Bukan Sisa

Cara menabung kedua yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan liburan adalah dengan cara mengalokasikan gaji atau pendapatanmu tiap bulannya. Yang penting diingat dari cara menabung ini adalah kamu harus langsung mengalokasikan gaji atau pendapatanmu setelah kamu mendapatkan uangnya. Jadi, menabungnya bukan dari sisa dari pengeluaran gaji/pendapatanmu ya, JULOvers. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur auto debit agar langsung terpotong tiap bulannya.

3.   Mengurangi Gaya Hidup Konsumtif

Cara menabung selanjutnya adalah dengan mengurangi gaya hidup konsumtif, JULOvers. Kamu bisa membawa bekal saat ke kantor agar lebih menghemat pengeluaranmu. Jangan lupa untuk batasi pengeluaran-pengeluaran seperti jajan kopi, atau berburu promo cashback dengan aplikasi uang digital. Hal seperti ini mungkin terasa kecil karena disuguhi dengan promo yang besar-besaran, namun kalau kamu melakukannya hampir tiap hari, pengeluaranmu tentu akan membengkak. Jadi, hindari gaya hidup konsumtif agar cara menabung untuk liburanmu bisa maksimal ya, JULOvers!

4.   Komitmen

Terakhir nih, JULOvers. Cara menabung yang paling penting dan harus sekali diterapkan oleh kamu yang memang ingin mengumpulkan uang untuk berlibur adalah dengan berkomitmen. Semua cara di atas tidak akan bisa bekerja dengan baik jika kamu tidak dapat berkomitmen dalam menabung. Jangan sampai kamu hanya semangat melakukan cara-cara menabung di atas di awal saja, dan mulai lagi kembali ke kebiasaan lama setelah melakukannya beberapa kali. Padahal, jika rutin melakukan cara menabung di atas sekalipun kamu tidak ingin berlibur, kamu tetap bisa menyimpan uang yang cukup besar dari pendapatanmu, lho.

Baca juga: Penting! Kalender 2020: Libur Nasional dan Cuti Bersama

Sekarang sudah tahu kan, cara menabung simpel yang bisa kamu terapkan untuk mengumpulkan uang dari gaji/pendapatanmu? Kalau sudah, sekarang tinggal melakukan persiapan liburanmu agar lebih matang dan hemat, JULOvers!

1.   Tentukan Destinasi Sesuai Budget

Setelah mengumpulkan uang dari cara menabung di atas, kamu tentu sudah memiliki gambaran berapakah budget yang akan kamu gunakan khusus untuk berlibur. Agar pengeluaranmu tidak membengkak, tentukan destinasi liburan yang sesuai budget ya, JULOvers. Kamu harus memulai buat budgeting, dari mulai tiket transportasi yang akan kamu gunakan, akomodasi, dan hal-hal seperti biaya makan dan tiket wisata yang ingin kamu datangi.

2.   Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Poin ke-2 yang harus kamu perhatikan dalam mempersiapkan liburan adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tujuan destinasi liburanmu. Terlebih lagi, jika tujuan destinasimu adalah tempat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya. Zaman sudah canggih, tentu akan mudah untuk kamu mencari informasi dengan memanfaatkan smartphone dan teknologi internet. Buat itinerary perjalananmu selengkap mungkin agar liburanmu menjadi lebih lancar ya, JULOvers.

3.   Booking dari Jauh-Jauh Hari

Jika kamu sudah mencari informasi dan membuat itinerary perjalananmu, ada baiknya kamu langsung membooking tiket transportasi, akomodasi, hingga tiket wisata dari jauh-jauh hari agar harga yang kamu dapatkan akan lebih murah. Dengan begitu, tabungan yang kamu dapatkan dari cara menabung di atas juga nggak akan terlalu terkuras lho JULOvers. Manfaatkan juga promo-promo menarik dari aplikasi travel online maupun offline. Kuncinya adalah: rajin cari informasi dan membandingkan harga!

4.   Liburan ala Backpacker, Kenapa Tidak?

Ingin berlibur namun tidak ingin mengeluarkan budget terlalu besar? Bisa, dong! Tidak pernah ada aturan resmi tentang bagaimana liburan yang sesungguhnya harus berjalan. Budget, destinasi, akomodasi, dan sebagainya semua tergantung bagaimana kemampuanmu mengelola dan mengatur semuanya. Jika tabungan liburan yang telah kamu kumpulkan dari cara menabung di atas belum sesuai dengan budget yang kamu tetapkan, kamu bisa mengakalinya kok dengan cara liburan ala backpacker!

Dengan liburan ala backpacker, kamu harus benar-benar hemat dan memperhatikan tiap uang yang keluar ya. Kamu dapat mengganti jenis transportasi yang kamu pilih, misalnya dari tiket kereta bisnis menjadi kereta ekonomi atau menggunakan bis. Mengganti akomodasi hotel menjadi penginapan yang lebih murah seperti guest house atau hostel, mengganti penyewaan mobil saat liburan menjadi motor atau menggunakan transportasi umum lainnya. Bisa kan, JULOvers?

Nah, jika kamu belum berhasil menerapkan semua cara menabung di atas namun tetap ingin berlibur, tenang saja! JULO siap membantu biaya liburanmu hingga 8 juta rupiah. Kamu tinggal mendownload aplikasi JULO via Google Play Storemu, mengisi data-data yang diminta, dan ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhanmu deh. Pengajuannya pun mudah, hanya melalui aplikasi dan pencairan dananya pun tidak memakan waktu lama. Jadi, sudah terbayang belum ingin liburan kemana? Tinggal praktekkan cara menabung yang telah JULO bahas di atas, atau pinjam JULO jika biaya liburanmu masih kurang ya.

Artikel Terkait

Leave a Comment