Begini Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi COVID-19!

Indira A/ Gaya Hidup/ 0 comments

Hai, JULOvers!
Tak terasa, masa karantina pandemi COVID-19 telah berjalan selama kurang lebih 1 bulan. Pandemi COVID-19 ini tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat saja, namun juga pada beragam sektor seperti ekonomi. Seperti yang kita ketahui, tidak sedikit masyarakat yang merasa keuangannya jadi lebih berantakan selama pandemi COVID-19, terutama karena banyaknya pengeluaran dan kondisi yang tidak terduga. Mimin juga merasakan hal yang sama, kok!

Bagi yang berkesempatan bekerja dari rumah, mungkin awalnya merasa lebih lega karena merasa bisa mengurangi biaya transportasi atau jajan seperti yang biasa dilakukan saat di kantor. Akan tetapi, beberapa biaya juga harus diperhatikan selama #DiRumahAja. Misalnya, biaya listrik yang pasti akan lebih besar dibandingkan bekerja dari kantor, biaya internet karena harus memastikan koneksi tetap lancar, dan sebagainya. Belum lagi biaya tak terduga seperti membeli masker, hand sanitizer, cairan disinfektan dan lain-lain. Hal tersebut tentu cukup menyulitkan kita. Belum lagi jika terdapat pengurangan gaji karena mayoritas perusahaan dari berbagai sektor juga sedang berusaha untuk tetap bertahan dalam pandemi ini.

Nah, setelah gaji di tangan, ada baiknya kamu melakukan beberapa tips mengelola gaji saat pandemi COVID-19 berikut ini agar keuangan lebih aman!


1. Bayar Semua Kewajiban
Setelah gaji turun, lebih baik kamu langsung membayar semua kewajibanmu, JULOvers. Kewajiban yang dimaksud di sini adalah kewajiban seperti tagihan, hutang, dan cicilan. Hal ini kamu lakukan di awal setelah gaji turun agar kamu tidak kesulitan untuk membayarnya di akhir. Nggak mau kan, enak di awal tapi berat di akhir?


Contohnya deh, kamu punya cicilan di JULO. Setelah gajian, jangan lupa untuk membayar cicilanmu langsung ya, lebih awal dari tanggal jatuh tempo pun lebih baik. Kenapa? Kamu bisa berkesempatan memenangkan undian berhadiah total 10 juta rupiah dan 500 voucher belanja dari KitaBeli.id! Menarik banget kan?


2. Buat Catatan Pengeluaran
Sebagian orang sudah inisiatif membuat catatan pengeluarannya, bahkan di luar kondisi-kondisi sulit seperti ini. Biasanya, catatan pengeluaran ini direview pada akhir bulan untuk melihat bagaimana pemasukan dan pengeluaranmu selama satu bulan. Nah, dalam kondisi seperti ini, ada baiknya kamu mencatat pengeluaran, terutama untuk kebutuhan sehari-hari, JULOvers.

Contoh: catat kebutuhan pengeluaran saat belanja bulanan, jangan sampai membeli hal-hal yang tidak diperlukan. Ingat, atur keuanganmu sebaik mungkin!


3. Hindari Pengeluaran Konsumtif


Selama masa pandemi, kamu wajib menghindari pengeluaran konsumtif nih! Hal-hal seperti delivery makanan, jajan, belanja, lebih baik distop dulu. Uang yang biasa kamu gunakan untuk hal tersebut, bisa kamu alokasikan pada tabungan dana daruratmu yang sewaktu-waktu bisa kamu gunakan. Jangan sampai tergoda ya! Ini demi kebaikanmu, kok.

4. Cari Penghasilan Tambahan
Poin terakhir adalah mencari penghasilan tambahan, JULOvers. Di masa sulit ini, tidak sedikit pekerja yang harus terkena pemotongan gaji bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK). Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencari penghasilan tambahan JULOvers! Misalnya dengan menjadi pekerja lepas, atau memulai bisnis online kecil-kecilan. Untuk menjadi seorang pekerja lepas, kamu bisa memanfaatkan koneksi internet dan beragam website yang mencari jasa pekerja lepas (freelance) seperti yang tertera pada gambar berikut ini. Untuk bisnis, kamu bisa memulai bisnis tanpa modal seperti jadi seorang dropshipper!


Jadi, bagaimana JULOvers? Sudah cukup paham kan dengan tips-tips di atas? Yuk, tetap semangat menghadapi situasi ini dan praktekkan tips di atas. Kita semua pasti bisa melewatinya dengan baik, JULOvers! Stay safe and healthy yaaa 🙂

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*