Instagram Rilis Fitur Dark Mode, Begini Cara Mengaktifkannya!

JULOvers, berapa lama waktu yang dapat kamu habiskan dalam satu hari untuk bermain gadget? Tentu lebih dari satu jam kan? Pada umumnya, seseorang dapat menghabiskan waktu kurang lebih 3-4 jam per harinya untuk menggunakan gadget. Akan tetapi, penggunaan gadget bisa menimbulkan masalah pada mata jika kamu menghabiskan waktu terlalu lama untuk menatap layar gadget milikmu. JIka tidak digunakan dengan bijak, permasalahan pada mata bisa kerap muncul dan berbahaya, lho. Jadi, mulai berhati-hati dalam penggunaan gadget ya!

Beberapa hari ini, tagar #InstagramDarkMode menjadi trending topic di media sosial Twitter. Sesuai dengan tagarnya, media sosial Instagram telah merilis sebuah fitur baru bernama Dark Mode, atau mode gelap pada aplikasinya. Sebelumnya, fitur dark mode lebih dulu diluncurkan oleh Twitter. Fitur dark mode ini merupakan fitur yang sudah lama dinanti oleh para pengguna setia Instagram. Dengan hadirnya fitur dark mode ini, pengguna Instagram dapat menikmati tampilan layar yang gelap (dark) yang akan sangat berguna ketika kita menggunakannya pada malam hari.

Nah JULOvers, tertarik untuk menggunakan fitur dark mode ini? Yuk, simak cara aktifkan fitur Instagram dark mode untuk Apple & Android berikut ini!

  • Instagram dark mode pada Apple (iPhone)

Jika kamu adalah seorang pengguna iPhone, fitur Instagram dark mode ini hanya dapat diaktifkan jika kamu telah menggunakan operating system (iOS) 13, JULOvers. Jadi, pastikan iPhonemu sudah mengundung iOS 13 sebelum mengaktifkan fitur Instagram dark mode ini, ya! Jika kamu sudah menggunakan iOS13, sekarang silahkan ikuti langkah-langkah yang telah JULO rangkum berikut ini:

1.      Klik menu Setting

2.      Klik Display

3.      Pilih Dark Mode

Setelah kamu memilih fitur Instagram dark mode, kini kamu harus mengupdate atau menginstall ulang aplikasi Instagram ke versi yang terbaru. Setelah terupdate, fitur Instagram dark mode tersebut sudah aktif dan dapat kamu gunakan. Mudah kan, JULOvers? Namun, jika kamu ingin mengembalikan mode Instagram ke tampilan biasa, kamu dapat mengikuti langkah di atas dan mengganti pilihan dark mode ke light mode ya!

Foto: Twitter @DanyelleRCarter
  • Instagram dark mode pada Android

Awalnya, fitur Instagram dark mode yang sempat menjadi trending topic banyak dikatakan hanya dapat digunakan pada ponsel Apple dan menggunakan iOS 13 saja. Namun ternyata, sama halnya dengan ponsel iPhone, pengguna Instagram pada ponsel Android juga dapat menggunakan fitur Instagram dark mode ini, lho. Namun, fitur Instagram dark mode ini juga hanya dapat digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Android 10 saja. Jadi, jika kamu menggunakan ponsel Android dengan versi sistem operasi 9 (oreo) dan di bawahnya, kamu tidak dapat menggunakan fitur Instagram dark mode ini.

Nah, sekarang kita beralih ke cara mengaktifkan fitur Instagram dark mode pada ponsel Android berikut ini ya:

1.      Klik menu Setting

2.      Klik Display

3.     Pilih Night Mode -> On

Selanjutnya, kamu harus melakukan beberapa langkah lagi untuk menikmati fitur Instagram dark mode pada ponsel Android ini.

4.   Buka Google Play Store, scroll hingga menemukan kolom pilihan “You’re a Beta Tester”

5.    Pilih Join Beta dan tunggu beberapa saat

6. Setelah itu, silahkan unduh Instagram versi Beta dan tinggal memperbarui/mengupdate Instagram versi beta milikmu

7.    Yay! Kini Instagram milikmu sudah memiliki fitur Instagram dark mode

Nah, walaupun fitur Instagram dark mode telah dirilis dan dikatakan tidak akan menyakiti mata saat penggunaannya, kamu harus tetap waspada ya. Penggunaan gadget yang berlebihan setiap hari, bisa menimbulkan masalah-masalah seperti mata tegang dan kering, insomnia, hingga penyakit katarak, lho. Sinar radiasi yang muncul dari layar gadgetlah salah satu penyebab utamanya. Jadi, ada baiknya kamu tidak menggunakan gadget secara berlebihan agar tidak terkena dampak buruknya.

Selain Twitter dan Instagram dark mode, Facebook juga dikabarkan akan segera menyusul kedua media sosial tersebut dengan meluncurkan juga fitur dark mode pada aplikasinya. Namun hingga kini, fitur tersebut masih dalam tahap awal pengembangannya dan sedang dalam tahap uji coba. Belum ada tanggal dan waktu pasti kapan fitur dark mode pada Facebook akan diluncurkan. Kita tunggu saja ya, JULOvers!

Artikel Terkait

Leave a Comment