Apa Itu Julo-Julo dan Hubungannya dengan Pinjaman Online JULO?

apa itu julo julo

Pernahkah Anda mendengar istilah Julo-Julo? Sekarang pertanyaannya diubah, tahukah Anda apa itu Julo-Julo? Anda yang tinggal di daerah Sumatera, khususnya Pekanbaru, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara, pasti sering mendengar istilah Julo-Julo dan kemungkinan besar pasti paham apa itu Julo-Julo.

apa itu julo-julo

Julo-julo adalah pinjaman atau kredit yang diberikan oleh pemilik modal kepada orang yang membutuhkan pinjaman, biasanya para pedagang tradisional. Di Padang, Julo-julo ini sering digunakan oleh para pedagang tradisional di Pasar Raya Padang.

Julo-julo juga sering disebut sebagai arisan, hal ini dikarenakan para peminjam tidak dikenakan bunga.

Julo-Julo tidak dikenakan bunga, lalu bagaimana sistem pengembalian pinjamannya?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Julo-Julo tidak akan dikenakan bunga. Namun, pemilik modal akan mendapat jasa 10% dari total uang yang dipinjam oleh peserta Julo-Julo. Adapun sistem pengembaliannya adalah biasanya peserta Julo-Julo akan membayar pinjaman yang diterima dari pemilik modal per hari selama 110 hari.

Misalnya, Anda meminjam uang Rp 3 juta dari pemilik modal Julo-Julo. Anda akan membayar Rp 30 ribu per harinya kepada pemilik modal tersebut selama 110 hari. Di akhir periode, total yang Anda bayarkan adalah Rp3.300.000. Artinya pemilik modal Julo-Julo mendapat jasa 10% dari uang yang dipinjam oleh peserta Julo-Julo.

Nah, sekarang Anda sudah cukup paham dong apa itu Julo-Julo. Dilihat dari penjelasan diatas, Anda pasti merasa cukup familiar dengan sistem yang ditetapkan karena saat ini terdapat institusi keuangan yang juga menerapkan sistem yang mirip dengan sistem Julo-Julo, yakni pinjaman online. Salah satu pinjaman online tersebut adalah JULO.

Mengapa JULO, apakah sistem yang diterapkan oleh JULO sama dengan sistem Julo-Julo?

logo julo

JULO adalah salah satu fintech yang menyediakan layanan pinjaman online. Apakah JULO menerapkan sistem yang digunakan oleh sistem Julo-Julo? Jawabannya, JULO tidak menerapkan sistem yang sama persis dengan sistem Julo-Julo. Penamaan JULO memang terinspirasi dari Julo-Julo yang banyak ditemukan di daerah Sumatera, mengingat pendiri JULO berasal dari Sumatera. Namun sistem yang diterapkan cukup berbeda, yakni JULO menetapkan bunga 0.33% bunga per hari untuk produk JULO Mini dan 0.1% per hari untuk produk JULO Cicil.

Apa itu JULO Mini?

Salah satu produk yang ditawarkan JULO adalah JULO Mini. JULO Mini merupakan pinjaman dengan limit 1 juta dan jangka waktu pengembalian 1 bulan. JULO menetapkan bunga 0.33% per harinya untuk JULO Mini, ini setara dengan 10% dalam sebulan.

Apa itu JULO Cicil?

Produk lain yang ditawarkan JULO adalah JULO Cicil. JULO Cicil merupakan pinjaman dengan limit minimal 2 juta dan maksimal 8 juta. JULO menetapkan bunga 0.1% per hari atau setara dengan 3-4% sebulan untuk JULO Cicil. Jangka waktu pengembalian pun relatif lebih lama yaitu minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan.

Jasa pengembalian pinjaman Julo-Julo yang dibahas pada artikel ini adalah 10%, namun pada kenyataanya banyak juga para pemilik modal Julo-Julo menetapkan biaya jasa yang lebih tinggi dari 10%. Hal ini dikarenakan tidak terdapat kebijakan yang mengatur regulasi bunga pada pemodal tradisional, sehingga seringkali para pemodal Julo-Julo disebut sebagai lintah darat. Hal ini berbeda dengan sistem yang diterapkan oleh JULO dan pinjaman online lainnya dimana seluruh regulasi diatur dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga jelas dan lebih aman secara hukum.

Nah, itu penjelasan tentang apa itu Julo-Julo dan apa hubungannya dengan pinjaman online JULO. Sebagai catatan, jika Anda ingin mengajukan pinjaman pilihlah institusi/lembaga terpercaya yang kegiatan operasionalnya diawasi oleh pemerintah seperti JULO, untuk menghindari hal-hal yang mungkin merugikan Anda.

Baca juga: 4 Keunggulan Pinjam Uang Online JULO, Nomor 2 Perlu Anda Tahu!

Artikel Terkait

Leave a Comment