4 Rekomendasi Situs Terbaik Untuk Mencari Lowongan Kerja

rekomendasi-situs-lowongan-kerja

Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan, hal yang pertama kali terlintas dibenak mayoritas orang pasti adalah bekerja. Walaupun untuk mendapatkan pekerjaan, terutama yang sesuai dengan keinginan memang tidak semudah mengembalikan telapak tangan, tapi banyak orang membutuhkan pekerjaan untuk bertahan hidup maupun untuk tujuan-tujuan lainnya. Dulu, sebelum munculnya teknologi, mencari lowongan kerja terasa sangat sulit. Namun di era ini semuanya terkesan lebih praktis.

Beruntunglah kita yang kini dimanjakan oleh kehadiran teknologi, karena berkat perkembangannya yang semakin canggih, mencari lowongan kerja jadi lebih mudah. Bahkan, kamu juga bisa mencari lowongan kerja di luar kota, provinsi, bahkan luar negeri dengan bermodalkan kuota internet saja. Kamu juga hanya perlu untuk mengisi data, upload CV, dan juga upload data dan persyaratan yang mendukung dan diperlukan. Jika perusahaan tertarik dengan CV mu, mereka pasti akan menghubungimu melalui e-mail atau pun telepon. Setelah itu, barulah kamu datang ke kantor untuk melakukan tahap interview. Yang lebih menarik lagi, interview juga kini bisa dilakukan dengan berbagai cara, bahkan tidak harus bertatap muka berkat hadirnya teknologi. Interview via telepon hingga video call kini jadi tidak asing lagi untuk beberapa perusahaan.

rekomendasi-situs-lowongan-kerja

Akan tetapi, walau terkesan lebih mudah untuk mencari lowongan pekerjaan dibandingkan dengan jaman dulu, kita tetap perlu usaha yang sangat keras untuk tembus diterima oleh perusahaan yang kita inginkan. Mengingat semakin kesini, semakin banyak saingan yang kompetitif untuk mencari pekerjaan. Selain itu, yang perlu kamu perhatikan dan waspadai juga adalah situs untuk mencari pekerjaan jika kamu ingin mencarinya di internet. Saat ini juga marak penipuan pada calon karyawan, lho.

Rekomendasi Situs Lowongan Kerja

Nah, berikut ini adalah 4 rekomendasi situs terbaik untuk mencari lowongan kerja!

1. Jobstreet

Rekomendasi Situs Terbaik jobstreet

Jobstreet adalah situs yang didirikan di negeri Jiran, Malaysia, pada tahun 1997 silam. Saat ini, Jobstreet telah memiliki kurang lebih 800 tim yang tersebar di Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia dan Vietnam. Jobstreet dapat dikatakan merupakan salah satu situs pencari lowongan kerja paling populer di Indonesia. Mayoritas pencari kerja pasti mencari lowongan di situs ini karena lowongan kerja yang ada disini sangat banyak dan terus update dari ratusan ribu perusahaan yang ada di Indonesia, bahkan luar Indonesia. Kamu juga dapat memilih lowongan kerja berdasarkan spesialisasi, tingkat jabatan, bahkan range gaji yang kamu inginkan pun dapat kamu setting di situs ini. Selain situs, Jobstreet juga memiliki aplikasi yang dapat diunduh di smartphone sehingga lebih mudah untuk kamu mencari lowongan kerja kapanpun dan dimanapun.

2. Tech In Asia Jobs

Rekomendasi Situs Terbaik techinasia

Generasi millenial yang sedang mencari lowongan kerja mungkin akan menyukai situs ini. Situs Tech In Asia Jobs memang hadir untuk memberikan lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan Startup terkemuka maupun Startup yang masih berkembang. Sama halnya seperti Jobstreet, kamu juga dapat memilih lowongan kerja berdasarkan tingkat pendidikan kamu, spesialisasi, lokasi, range gaji, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat mencari pekerjaan yang membutuhkan karyawan mobile/remote, dalam dan juga luar negeri, lho. Kesempatannya begitu banyak dan terbuka untuk kamu yang niat untuk mencari lowongan kerja, terutama di perusahaan Startup.

3. Kalibrr

Rekomendasi Situs Terbaik kalibrr

Hadir dengan tujuan membantu pelaku bisnis mempekerjakan talenta terbaik, Kalibrr mengoptimalkan kombinasi dari database pencari kerja berkualitas tinggi hingga layanan employer branding. Terdapat 3 layanan utama yang membedakan Kalibrr dengan situs pencari lowongan kerja lainnya. Kalibrr juga memiliki aplikasi yang dapat diunduh di smartphone kamu.

1. Portal Talenta, layanan ini menghubungkan perusahaan perusahaan dengan database ekstensif dari para jobseekers relevan yang berkualitas tinggi.

2. Applicant Tracking System (ATS), menggunakan mesin berbasis Artifiical Intelligence yang bekerja layaknya headhunter.

3. Employer Branding, layanan ini hadir untuk membantu pelaku bisnis membangun serta mengembangkan employer brand.

Baca juga: Tunjangan Hari Raya (THR), Bagaimana Ketentuan Perhitungannya?

4. LinkedIn

Rekomendasi Situs Terbaik linkedin

LinkedIn didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 silam dan resmi diluncurkan pada 5 mei 2003. LinkedIn merupakan salah satu situs web jaringan sosial yang digunakan untuk jaringan professional. Hingga saat ini, LinkedIn telah digunakan oleh lebih dari 610 juta pengguna yang tersebar di 200 negara di seluruh dunia. Melalui LinkedIn, kamu dapat membangun profil secara professional, menambah koneksi dan relasi, memperlihatkan keahlian, hingga membuka kesempatan diri untuk direkrut oleh perusahaan – perusahaan besar. Selain untuk mencari lowongan kerja, LinkedIn tetap dapat digunakan sebagaimana media sosial lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk menjalin hubungan dengan teman lama, dan sebagainya. Melalui LinkedIn juga, kamu dapat melihat tentang update atau kegiatan dari suatu perusahaan. Sama seperti Jobstreet dan Kalibrr, LinkedIn dapat kamu unduh juga di smartphone kamu!

Nah, itu dia 4 rekomendasi situs terbaik untuk mencari lowongan kerja versi JULO. Mencari kerja memang tidak mudah dan membutuhkan effort serta tekad yang besar. Namun, ketika kamu sudah merasa ingin menyerah, ingat kembali ya tujuanmu mencari kerja. Jangan lupa juga untuk cari banyak pengalaman dan asah terus kemampuanmu dalam bidang yang kamu geluti maupun bidang lainnya sehingga memudahkan CV mu untuk dilirik oleh perusahaan. Nggak mau kan, CV mu hanya numpang lewat saja di aplikasi pencari lowongan kerja ataupun email HRD perusahaan?

Terakhir, walaupun 4 situs diatas merupakan situs-situs yang banyak digunakan oleh mayoritas pencari kerja, tetap waspada dengan maraknya penipuan ya. Jangan lupa untuk mengecek dan mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan yang kamu tuju dan selalu berdoa.

Semangat ya untuk kalian, para job seekers!

Baca juga: Begini Cara Bangkitkan Motivasi Kerja Ketika Jenuh Melanda

Artikel Terkait

Leave a Comment