3 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik 2019 Untuk Android!

JULOvers, pernahkah kamu merasa bahwa gaji yang kamu dapatkan tiap bulannya hanya numpang lewat saja? Sering bertanya-tanya kemana larinya gaji maupun pendapatanmu? Setelah menerima gaji maupun pendapatan bulanan, sebagian besar dari kita diwajibkan untuk membayar cicilan, membayar hutang, dan juga membeli kebutuhan ini itu. Belum lagi, jika kamu sudah berkeluarga. Dalam waktu beberapa hari saja, gaji atau pendapatan sudah mau habis lagi dan begitu seterusnya. Peribahasa “Besar pasak daripada tiang” mungkin cocok untuk kamu yang pengeluarannya seringkali lebih besar dibandingkan pendapatan. Hal seperti ini tentu bisa terjadi karena kamu yang tidak dapat mengatur dan mengontrol keuangan dengan baik dan benar.

Manajemen keuangan yang berantakan, membuat kamu pun tidak tahu kemana saja larinya gaji maupun pendapatanmu tiap bulannya. Kamu mungkin bisa saja mengecek sebagian pengeluaran yang kamu lakukan secara digital. Misalnya, melalui mutasi rekening ATM kamu. Namun, uang cash sangat sulit untuk kamu lacak kemana larinya. Berkembangnya teknologi yang semakin canggih tiap waktunya tentu membuat kita kini sangat mudah untuk melakukan transaksi dengan berbagai aplikasi keuangan digital bermodalkan smartphone. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mencoba untuk mengatur  keuangan dengan cara yang mudah terlebih dahulu, yaitu dengan cara mencatat keuangan dengan aplikasi pengatur keuangan, JULOvers. Aplikasi pengatur keuangan bisa kamu dapatkan secara gratis pada smartphone milikmu, lho! Ayo manfaatkan smartphone milikmu untuk hal-hal berguna seperti ini!

Yuk kita simak beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan terbaik untuk smartphone Android:

1.   Aplikasi Pengatur Keuangan Manajer Uang, Expense Tracker (Google Play Store Rating: 4,8)

Aplikasi pengatur keuangan pertama yang akan kita bahas adalah aplikasi Manajer uang, expense tracker. Kamu bisa mendapatkan aplikasi pengatur keuangan ini secara gratis di Google Play Storemu. Aplikasi pengatur keuangan ini dibuat sedemikian rupa agar penggunanya merasa mudah untuk menggunakannya. Dengan aplikasi pengatur keuangan ini, kamu dapat melacak pengeluaran dan juga pendapatanmu tiap waktunya. Tersedia juga grafik berdasarkan kategori-kategori seperti belanja, tagihan, transportasi, dan sebagainya, lho. Aplikasi pengatur keuangan yang satu ini juga memiliki pengingat berupa alarm yang akan mengingatkan kamu untuk mencatat keuanganmu setiap harinya. Tenang saja JULOvers, aplikasi Manajer Uang Expense Tracker ini gratis tanpa batasan-batasan fitur dan juga tersedia tanpa iklan, lho!

Yang lebih menariknya lagi, aplikasi pengatur keuangan ini tersedia dalam 11 bahasa berbeda. Keren banget ya, JULOvers?

2.   Aplikasi Pengatur Keuangan Money Lover, Manajemen Keuangan (Google Play Store Rating: 4,6)

Aplikasi pengatur keuangan kedua yang wajib kamu coba adalah Money Lover, Manajemen Keuangan JULOvers. Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun kamu juga bisa membeli versi premiumnya untuk mendapatkan beragam fitur tambahan yang mungkin akan kamu butuhkan untuk mengatur keuanganmu. Jangan salah, aplikasi pengatur keuangan yang satu ini telah mendapatkan berbagai penghargaan, lho. Berikut ini adalah penghargaan yang telah didapatkan oleh aplikasi pengatur keuangan Money Lover:

★ Best of 2017 App

★ Google Top Developer

★ Editors’ Choice App

★ Best of 2016, 2017 money manager & budget app on Android (Google Play nomination)

Dengan Money Lover, kamu dapat mengatur segala pengeluaran dan pemasukan, bahkan kamu dapat menjadwalkan dan merencanakan anggaran dan target tabungan! Terdapat notifikasi juga yang akan mengingatkan kita untuk menabung, lho. Sama seperti Expense Manajer, aplikasi pengatur keuangan ini juga menyajikan grafik yang apik untuk keuanganmu. Kamu juga bisa mengakses aplikasi ini secara mudah melalui ponsel, tablet, hingga laptopmu.

3.   Aplikasi Pengatur Keuangan Catatan Keuangan Harian (Google Play Store Rating: 4,7)

Nah ini dia rekomendasi terakhir aplikasi pengatur keuangan terbaik versi Android yang dapat kamu coba, JULOvers! Kamu bisa mendapatkan aplikasi Catatan Keuangan Harian ini secara gratis melalui Google Play Store. Aplikasi pengatur keuangan ini dibuat sangat simpel, namun tidak mengurangi fitur-fitur penting di dalamnya.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang dapat kamu gunakan dalam aplikasi pengatur keuangan ini:

–          Mencatat pengeluaran/pembelanjaan uang harian ( daily expense )

–          Mencatat pendapatan ( income )

–          Laporan pengeluran & pendapatan,

–          Laporan per bulan

–          Export dan simpan laporan dalam format excel ( xls / spreadsheet )

–       Laporan semua aktivitas keuangan per transaksi, mempermudah anda untuk melihat riwayat pengeluaran sebelumnya

–          Edit & menambahkan kategori pengeluaran, pemasukan

–          Fitur pin sebelum masuk aplikasi

Nah itu dia 3 rekomendasi aplikasi pengatur keuangan terbaik untuk kamu pengguna smartphone Android. Mengatur keuangan memang merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Butuh niat dan tekad agar kamu dapat mencatat keuanganmu dengan konsisten. Kamu bisa mencoba mencatat keuanganmu terlebih dahulu selama satu minggu, JULOvers. Lakukan dengan konsisten, catat semua pengeluaranmu dalam satu hari tiap malam setelah selesai beraktivitas. Setelah itu, kamu bisa melihat grafik pengeluaran dan pemasukanmu dalam satu minggu. Apakah masih banyak pengeluaran yang tidak seharusnya? Apakah kamu sudah menggunakan uangmu dengan bijak? Hal tersebut bisa menjadi acuanmu untuk lebih bijaksana dalam mengatur keuanganmu kedepannya.

Semuanya kembali lagi kepada niat dan tekadmu untuk lebih menghemat pengeluaran. Kamu juga harus menahan diri dari godaan diskon dan promosi menarik yang bertebaran di sekitarmu. Mencatat pengeluaran dan pemasukan melalui aplikasi pengatur keuangan adalah salah satu cara simple yang bisa kamu lakukan, JULOvers. Tentu tiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengelola keuangannya. Namun, cara ini tetap patut dipertimbangkan untuk kamu coba ya! Yuk, semangat kelola keuanganmu, JULOvers! 

Baca juga: Atur Keuanganmu dengan 5 Cara Berikut Ini!

Sumber gambar: Google Play Store

Artikel Terkait

Leave a Comment