Skip to main content
kta-bunga-rendah

Bunga KTA Online lebih tinggi dibanding KTA Bank, Ini Ciri KTA Online Bunga Rendah

Saat ini kita dihadapkan pada banyak pilihan pinjaman saat membutuhkan dana untuk suatu kebutuhan. Pinjaman ini pun banyak ragamnya, namun secara garis besar ada 2 jenis layanan pinjaman yang sering kita temui yaitu, pinjaman bank dan lembaga non-bank. Bank sendiri memiliki dua jenis produk, yaitu KMG (Kredit Multiguna) dan KTA (Kredit Tanpa Agunan). Sementara itu, lembaga non-bank juga memiliki banyak jenis produk, salah satunya adalah KTA. Lho, sama dong dengan produk yang ditawarkan oleh bank? Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk KTA bank dan non-bank, simak uraian berikut ini.

kta bunga rendah

Apa Itu KTA?

KTA merupakan jenis pinjaman yang tidak memerlukan agunan dari nasabah. Pinjaman ini menargetkan nasabah yang membutuhkan dana cepat, namun tidak memiliki aset untuk diagunkan, agunan yang dimaksud biasanya berupa surat kendaraan bermotor, surat tanah, dll. Tidak sedikit bank maupun lembaga keuangan non-bank, dalam hal ini penyedia pinjaman online yang saat ini menawarkan produk KTA secara online.

Bank juga memfasilitasi pengajuan KTA secara online?

Beberapa bank memang memfasilitasi pengajuan KTA secara online, namun dalam kegiatan operasionalnya biasanya bank bekerja sama dengan financial aggregator untuk menghimpun calon nasabah yang ingin mengajukan kredit. Proses pengajuan pinjaman yang dilakukan pun masih konvensional, bukan melalui aplikasi seperti yang diterapkan pinjaman online pada umumnya. Oleh karena itu, apabila Anda memang tujuan Anda ingin mengajukan KTA secara online, pilihlah produk KTA yang disediakan oleh penyedia pinjaman online.

Apa kelebihan KTA online dibanding KTA bank?

Dibandingkan dengan KTA bank, KTA online memiliki beberapa keunggulan yaitu:

  1. Syarat yang dibutuhkan relatif lebih mudah
  2. Proses pengajuan mudah. Pengajuan dapat Anda lakukan dari mana saja dan kapan saja, Anda hanya memerlukan smartphone dan kuota internet. Mudah sekali, bukan?
  3. Pencairan dana cepat

Lalu, apa kekurangan KTA online dibanding KTA bank?

Terlepas dari kelebihan KTA online yang telah disebutkan diatas, KTA online memiliki kekurangan yakni sebagai berikut:

  1. Suku bunga relatif tinggi
  2. Tenor pengembalian relatif lebih pendek dibanding pinjaman bank

Hal yang paling disoroti disini adalah suku bunga KTA online yang relatif lebih tinggi dibanding KTA bank. Hal ini cukup masuk akal karena proses approval KTA online biasanya cukup mudah dibanding KTA bank, sehingga untuk mengantisipasi risiko nasabah tidak mampu melakukan pembayaran kredit penyedia KTA online menetapkan bunga cukup tinggi.

Namun perlu Anda ketahui, ada juga lho beberapa KTA online yang menerapkan bunga rendah.

Bagaimana mengetahui KTA online bunga rendah?

  1. Setiap KTA online memiliki diferensiasi sendiri, KTA yang memiliki slogan bunga rendah biasanya memang menawarkan KTA bunga rendah. Apabila KTA menawarkan proses cepat, biasanya bunga yang ditawarkan tinggi, limit kecil, dan tenor pengembalian relatif lebih pendek bahkan dibanding KTA online pada umumnya. Jadi, pastikan Anda benar-benar memilih KTA bunga rendah.
  2. KTA bunga rendah juga biasanya menawarkan tenor lebih panjang dibanding KTA online lainnya. KTA pada umumnya menetapkan tenor 1-2 bulan, namun KTA bunga rendah biasanya menetapkan tenor lebih panjang yakni 3-6 bulan bahkan lebih.
  3. KTA bunga rendah juga pada umumnya akan meminta persyaratan lebih banyak dibanding KTA online pada umumnya, biasanya akan diminta slip gaji dan surat keterangan kerja yang dikeluarkan perusahaan tempat bekerja.
  4. Jangan termakan slogan bunga rendah yang dibuat oleh penyedia KTA. Sebaiknya Anda memperhatikan simulasi perhitungan bunga dan keterangan biaya yang harus dibayarkan sebelum menyetujui pencairan pinjaman, dengan demikian Anda benar-benar memilih KTA bunga rendah.

KTA Bunga Rendah bisa digunakan untuk keperluan apa?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga KTA yang menawarkan bunga rendah. Nah, bagi Anda yang tidak berani mengajukan KTA bank karena takut ditolak akibat alasan pinjaman yang dinilai kurang masuk akal, sekarang waktunya bagi Anda untuk mengajukan pinjaman KTA online bunga rendah. KTA bunga rendah sendiri dapat digunakan untuk keperluan apapun, biasanya seseorang mengajukan KTA untuk keperluan berikut ini:

  1. Biaya pengobatan
  2. Biaya tambahan pendidikan pribadi atau anak
  3. Biaya tambahan renovasi rumah
  4. Biaya traveling
  5. Biaya tambahan pernikahan
  6. Biaya tambahan usaha
  7. Kebutuhan finansial lainnya.

Itulah beberapa info mengenai KTA, KTA bank dan online, serta ciri dan kegunaan KTA Bunga Rendah yang perlu Anda ketahui. KTA online bisa jadi sangat membantu Anda, namun juga dapat menjebak Anda karena bunga yang ditetapkan oleh KTA biasanya lebih tinggi dibandingkan KTA bank. Sebelum meminjam KTA, pastikan bahwa KTA tersebut menawarkan bunga rendah sehingga tidak memberatkan ke depannya.

Baca juga: Apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *