Skip to main content
doa puasa ramadhan

3 Waktu Terbaik Memanjatkan Doa di Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh para umat muslim lantaran dirasakan sebagai bulan yang penuh berkah dan sangat istimewa. Banyak sekali amalan yang dapat dilakukan oleh seorang muslim di bulan ini, dan semua ibadah yang dilakukan pun akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Semua orang berlomba-lomba untuk beribadah dan berdoa karena doa yang kita panjatkan juga akan lebih mudah diterima. Namun, tahukah kamu bahwa ada tiga waktu terbaik untuk memanjatkan doa saat bulan Ramadhan. Kapan sajakah waktunya?

1.    Waktu Sahur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni,” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758). Ibnu Hajar juga menjelaskan hadits di atas dengan berkata, “Do’a dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari, 3: 32).

2.    Waktu Berpuasa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi,” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak do’a demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum,” (Al-Majmu’, 6: 273).

3.    Waktu Berbuka Puasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi,” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan). Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa kenapa do’a mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Nah, itu dia tiga waktu terbaik untuk berdoa di bulan Ramadhan. Selain memanjatkan doa, ada banyak juga ibadah yang bisa menjadi ladang pahala kamu di bulan suci ini. Diantaranya adalah berpuasa, shalat malam, membaca kitab suci Al-Qur’an, makan sahur, bersedekah dan membayar zakat fitrah. Rugi sekali kalau kalian tidak melaksanakan hal-hal diatas karena bulan Ramadhan hanya hadir dalam satu tahun sekali. Selain itu, kalian juga dapat melaksanakan I’tikaf yang berarti berdiam diri sejenak di masjid, terutama pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Ibadah manakah yang sudah kalian jalankan hingga hari ini? Yuk, saling berbagi di kolom komentar! Selamat menunaikan ibadah puasa dan raih sebanyak-banyaknya pahala di bulan ini ya, JULOvers.

Baca juga: Info Seputar Lebaran 2019 Yang Wajib Anda Ketahui

One thought to “3 Waktu Terbaik Memanjatkan Doa di Bulan Suci Ramadhan”

  1. Dibulan berkah ini bergeming
    kenapa saya mengalami kecellakaan sdh 2 minggu tidak kerja u kesembuhan
    Apa tidak ada asuransinya n keringanan malah dctekan trs tagihannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *