Skip to main content
pinjaman-online-cepat-cair-seluruh-indonesia

Pinjaman Online Cepat Cair Mampu Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Kok Bisa?

Di tengah ramainya industri digital Indonesia, tren fintech (financial technology) lending menjadi yang paling dominan di tahun 2018. Fintech Report 2018 yang dikeluarkan oleh DailySocial.id menyebutkan bahwa terdapat total $182.3 juta pendanaan yang diumumkan untuk startup fintech pada 2018, dimana 57% dari total tersebut berada di sub-sektor lending yakni mencakup p2p lending dan payday loan.

Mengapa pinjaman online cepat cair?

Pada Juli 2018 lalu, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mencatat pinjaman online telah berhasil menyalurkan dana hingga Rp9.21 triliun dengan NPL 1.4%. Melihat angka ini, sepertinya pemerintah cukup yakin adanya keberadaan pinjaman online cepat cair di seluruh wilayah Indonesia mampu mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Hal ini terbukti dengan adanya target pemerintah untuk mencapai 75% (naik dari capaian tahun 2017 yaitu 69%) inklusi keuangan di Indonesia pada 2019. Target ini juga berdampak pada munculnya kebijakan-kebijakan pemerintah yang salah satunya adalah meningkatkan literasi masyarakat terhadap layanan finansial berbasis teknologi dan memperkuat penegakan hukum bagi perusahaan perintis fintech ilegal yang merugikan masyarakat luas. Namun terlepas dari data yang tersebut diatas, faktor lain juga muncul dari kelebihan pinjaman online cepat cair yang mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia jika dibandingkan dengan bank. Kok bisa?

Pinjaman online cepat cair mampu melayani seluruh wilayah Indonesia, kok bisa?

Perkembangan teknologi yang pesat menjadi alasan utama dibalik memungkinkannya pinjaman online cepat cair melayani seluruh wilayah Indonesia. Apabila bank ingin melayani suatu wilayah tertentu, bank harus mendirikan setidaknya kantor operasional pembantu atau kantor cabang pembantu di daerah tersebut sehingga masyarakat mampu mengajukan pinjaman atau menabung. Tentu saja biaya yang dibutuhkan untuk melakukan ini tidak sedikit. Hal ini berbeda dengan pinjaman online cepat cair, dimana calon nasabah mampu mengajukan pinjaman dimanapun ia berada dan kapan saja mereka mau selama penyedia pinjaman online menargetkan wilayah tersebut. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Silahkan simak uraian berikut ini.

  • Seperti namanya, seluruh proses pengajuan pinjaman online cepat cair bersifat online. Calon nasabah tidak perlu mendatangi kantor penyedia pinjaman online saat ingin mengajukan pinjaman. Mereka telah mendesain aplikasi sedemikian rupa sehingga calon nasabah cukup memasukkan data mereka melalui aplikasi, tidak ada tatap muka.
  • Proses pencairan dana pinjaman online cepat cair dilakukan dengan mengirimkan dana ke rekening nasabah, sehingga tidak memerlukan adanya kehadiran kedua belah pihak.
  • SPHP pinjaman online cepat cair diberikan secara online untuk dibaca dan dipahami, apabila nasabah setuju dapat memberikan tanda tangan secara online.
  • Proses bisnis dapat dilakukan secara online, penyedia pinjaman online cepat cair tidak memerlukan kantor cabang di wilayah yang akan ditargetkan karena seluruh proses bisnis dapat dilakukan secara online ketika menyasar wilayah tertentu.

Keempat poin tersebut diatas menjadi alasan mengapa pinjaman online cepat cair mampu melayani seluruh wilayah di indonesia, namun dengan catatan penyedia pinjaman memang menargetkan wilayah tersebut.

Mengingat masih belum meratanya akses keuangan di Indonesia, keberadaan pinjaman online cepat cair yang mampu melayani seluruh wilayah di Indonesia ini sedikit banyak akan mampu membantu mewujudkan target pemerintah dalam mewujudkan inklusi keuangan. Selain untuk mewujudkan target pemerintah, keberadaan pinjaman online cepat cair di seluruh wilayah Indonesia khususnya yang bertujuan produktif akan mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Indonesia.

Salah satu pinjaman online cepat cair yang mampu melayani seluruh wilayah Indonesia adalah JULO yang merupakan penyedia pinjaman online yang berdiri pada 2016. Awalnya JULO hanya beroperasi di wilayah Jabodetabek, namun seiring berjalannya waktu saat ini JULO telah beroperasi di 31 kota di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Malang, Manado, Medan, Deli Serdang, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Bali, Tarakan, Ambon, Gorontalo, Lampung, Palembang, Semarang, Pasuruan, Jember, Gresik, Sidoarjo, Purwakarta, Cirebon, Subang, Garut, Cianjur, Tasikmalaya, Sumedang, Sukabumi, Magelang, dan Mataram.

Baca juga: Apa Itu Julo-Julo dan Hubungannya dengan Pinjaman Online JULO?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *