Skip to main content
cara-perhitungan-bunga-pinjaman-online

Pinjaman Online, Bagaimana Perhitungan Biaya dan Bunganya?

Seiring dengan berkembangnya industri fintech (financial technology) khususnya di P2P (peer to peer) lending, semakin banyak juga alternatif pinjaman bagi calon peminjam/debitur. Seringkali dikarenakan ingin mendapatkan dana secepat mungkin, Anda mengabaikan atau tidak terlalu paham penghitungan biaya dan bunga yang ditetapkan oleh penyedia pinjaman online/kreditur itu sendiri. Hal ini pada akhirnya akan memberatkan debitur dalam mengembalikan dana yang dipinjam. Pada artikel kali ini, kita akan membahas biaya dan bunga yang ditetapkan oleh fintech, sehingga Anda memiliki gambaran dan semakin berhati-hati sebelum mengajukan pinjaman online.

1. Biaya-biaya pinjaman online

Pada umumnya pinjaman online menetapkan beberapa biaya diantaranya biaya provisi, biaya administrasi, biaya layanan, dan biaya keterlambatan.

Penetapan persentase di masing-masing pinjaman online berbeda-beda, namun pada umumnya berada di kisaran sebagai berikut:

  • Biaya provisi: 5-8% dari total pinjaman
  • Biaya administrasi: 1% dari total pinjaman
  • Biaya layanan: 1% dari total pinjaman
  • Biaya keterlambatan: 1-3% disesuaikan dengan lama hari keterlambatan. Misalnya untuk pinjaman yang terlambat 1-7 hari dikenakan biaya keterlambatan 1%, sementara pinjaman yang terlambat 14 hari dikenakan biaya keterlambatan 2% dst.

2. Bunga yang dibebankan pinjaman online kepada debitur

Selain biaya yang sudah disebutkan pada poin No.1, pinjaman online juga menetapkan bunga pinjaman dimana persentase antar pinjaman online juga berbeda-beda. Namun, pada umumnya bunga yang ditetapkan adalah sebagai berikut:

Apabila durasi pinjaman kurang dari atau sama dengan 30 hari, bunga yang ditetapkan adalah 1% per hari = 30% sebulan

Apabila durasi pinjaman lebih dari 30 hari yakni 3, 6, atau 12 bulan, bunga yang ditetapkan biasanya berada di kisaran 3-8% per bulan.

Sekarang coba simak simulasi pinjaman pada perusahaan Pinjaman Online A berikut ini:

Asumsikan Anda meminjam uang dari pinjaman online A sebesar Rp4.000.000 dengan jangka waktu pengembalian 4 bulan. Pada saat dana dikirim ke rekening Anda, jumlah tersebut akan dipotong biaya provisi 6% (asumsi pinjaman online A menetapkan biaya provisi 6%) yaitu Rp240.000. Selain itu, pinjaman online A juga mengenakan biaya administrasi dan layanan masing-masing 1%, sehingga pinjaman akan dipotong lagi sebesar Rp80.000. Pada akhirnya Anda akan menerima Rp3.680.000 di rekening Anda.

Apabila pinjaman online A menetapkan bunga 6% sebulan, maka setiap bulannya Anda akan dikenakan angsuran sebesar Rp1.240.000/ bulannya atau dengan total jumlah yang dibayar sampai akhir durasi pinjaman adalah sebesar Rp4.960.000.

Namun, apabila Anda terlambat membayar pinjaman maka jumlah yang harus dibayar juga bertambah dikarenakan adanya biaya keterlambatan.

Anda pasti bisa membayangkan bagaimana menumpuknya jumlah utang jika Anda tidak melakukan pembayaran tepat waktu. Biasanya, pinjaman online akan menyebutkan secara jelas biaya-biaya yang harus dibayarkan dan Anda memiliki pilihan apakah meneruskan pinjaman atau tidak. JULO salah satu pinjaman online yang menerapkan keterbukaan biaya dan bunga yang akan dibayarkan, dimana tim JULO menelepon calon peminjam dan menjelaskan secara detail biaya-biaya yang harus dibayarkan. Di JULO, debitur diberikan kesempatan untuk mempertimbangkan apakah akan melanjutkan pinjaman atau tidak. Selain itu, JULO juga tidak menerapkan biaya-biaya yang relatif lebih ringan dibanding pinjaman lain yaitu:

  • Biaya provisi: 5%
  • Biaya administrasi: tidak ada
  • Biaya layanan: tidak ada
  • Biaya keterlambatan: Rp55.000 untuk setiap angsuran yang mengalami keterlambatan
  • Bunga: 4% sebulan (JULO Cicil) dan 10% (JULO mini dimana pinjaman online lain menerapkan bunga 1% sehari, artinya untuk pinjaman dengan durasi 30 hari, pada pinjaman online lain, debitur harus membayar bunga sebesar 30%)
julo cicil

Baca juga: Bukan Rentenir Online, Bunga Fintech Ini Hanya 0.1% Per Hari

julo mini

Asumsikan Anda meminjam di JULO untuk kasus diatas, Anda akan menerima Rp3.800.000 dan selanjutnya Anda akan membayar angsuran Rp1.160.000 per bulannya sehingga pada akhir periode Anda total membayar Rp4.640.000.

Untuk lebih singkatnya, silahkan lihat tabel perbandingan berikut ini.

Dilihat dari kasus ini, dengan meminjam di JULO Anda menghemat Rp440.000 untuk pinjaman Anda.

Itulah biaya-biaya dan bunga yang harus Anda bayarkan saat melakukan pinjaman online. Semoga bermanfaat dan Anda semakin jeli dalam memilih pinjaman online yang akan diajukan.

Baca juga: 4 Keunggulan Pinjam Uang Online JULO, Nomor 2 Perlu Anda Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *