Skip to main content
tips-mengatasi-rekening-kosong-akhir-bulan

Rekening Kosong di Akhir Bulan, Ini Tips Mengatur Keuangan Yang Efektif

Kemudahan melakukan transaksi secara online, semakin memungkinkan kita kalap dalam menggunakan uang. Bahkan tidak sedikit juga orang tidak menyadari uangnya dialokasikan kemana dan baru sadar ketika mendekati akhir bulan, rekening sudah kosong. Apakah kamu salah satunya? Pernahkah kamu mengalami salah satu dari hal-hal berikut ini?

  • Hidup super hemat di akhir bulan
  • Uang habis dialokasikan untuk kebutuhan yang tidak begitu penting saat awal bulan (Ngopi di Starbucks 3 kali sehari, menolak makan di kantin kantor, belanja online berlebihan, dll)
  • Uang habis sebelum waktunya gajian
  • Tidak memiliki tabungan (rekening terisi di awal bulan dan kosong di akhir bulan, dan begitu terus menerus)

Apabila kamu mengalami salah satu dari hal tersebut diatas, kemungkinan kamu adalah salah satu orang yang mengalami rekening kosong di akhir bulan. Artinya, kamu kemungkinan memiliki permasalahan keuangan yang cukup serius dan memerlukan tips untuk mengatur keuanganmu.

Namun, sebelum membahas tips mengatasi masalah keuangan tersebut, ada baiknya kita membahas penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Rekening Kosong

1. Kamu Tidak Melakukan Perencanaan Keuangan

Seseorang yang memiliki pemahaman keuangan yang baik biasanya melakukan perencanaan keuangan. Mereka cenderung mengatur pengalokasian gaji, berapa persen yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari, berapa persen untuk belanja, berapa persen untuk disumbangkan, berapa persen untuk ditabung atau diinvestasikan. Nah, apabila rekeningmu kosong di akhir bulan, bisa dipastikan kamu tidak melakukan perencanaan keuangan dengan baik.

2. Kurang Menabung dan Investasi

Sudah bisa dipastikan jika seluruh saldo rekeningmu kosong, artinya kamu tidak memiliki tabungan sama sekali. Rekening kosong kemungkinan karena kamu kurang menabung dan/atau investasi.

3. Kamu Hidup Hanya Mengandalkan Gaji

Rekening kosong di akhir bulan juga kemungkinan disebabkan pemasukanmu hanya dari gaji saja. Pemasukan yang kurang atau pas-pasan sudah pasti mengakibatkan rekeningmu kosong di akhir bulan. Apalagi jika ada kebutuhan mendadak yang jumlahnya tidak sedikit, sudah dapat dipastikan rekening bukan hanya kosong, tapi minus.

Nah kamu sudah tahu penyebabnya, sekarang mari kita bahas tips mengatur keuanganmu agar rekening tidak kosong di akhir bulan.

Tips Mengatur Keuangan Agar Rekening Tidak Kosong di Akhir Bulan

1. Cobalah untuk membuat perencanaan keuangan

Hal paling sederhana dan sudah pasti bisa Anda lakukan adalah dengan membuat perencanaan keuangan. Buatlah perencanaan keuangan dengan mengatur alokasi penggunaan uang. Tujuannya adalah terdapat limit yang membatasi penggunaan uang  untuk setiap kebutuhan Anda.

tips keuangan

2. Catat Pengeluaran Anda

Selain membuat perencanaan keuangan, cobalah untuk mencatat setiap pengeluaran sehingga kamu memiliki histori penggunaan uang. Ini akan berguna saat melakukan perencanaan keuangan untuk bulan berikutnya, kamu bisa mengubah persentase alokasi uang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Mulai menabung atau investasi

Cobalah untuk mulai menabung atau investasi. Jika kamu adalah tipe orang yang sulit berkomitmen dalam menyisihkan uang untuk ditabung, kamu dapat mengajukan sistem menabung autodebet ke bank. Autodebet adalah sistem pembayaran elektronik yang dibuat langsung dari rekening bank, biasanya pada tanggal yang telah ditentukan. Jadi, menabung dengan autodebet akan otomatis membantu kamu untuk menabung secara konsisten, karena uang langsung ditarik otomatis pada tanggal tertentu dan tidak bisa digunakan.

Baca juga: Mana Yang Lebih Menguntungkan, Menabung atau Investasi?

4. Jangan hanya mengandalkan gaji, cari pemasukan tambahan

Cobalah untuk mencari pemasukan tambahan, jangan hanya mengandalkan pemasukan dari satu sumber saja. Kegiatan paling simpel yang dapat Anda lakukan adalah dengan berjualan online atau mengajar les privat. Ini akan membantu Anda mendapatkan penghasilan tambahan.

Itulah tips mengatur keuangan yang bisa kamu lakukan agar rekening tidak kosong di akhir bulan. Terlepas dari tips tersebut, yang paling penting adalah niat untuk melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *