Skip to main content
tenor-singkat-versus-panjang

Pilih Mana, Pinjaman Uang Online Tenor Singkat atau Panjang?

Pada umumnya, sebelum mengajukan pinjaman uang online, kebanyakan orang hanya mempertimbangkan bunga. Padahal, selain bunga ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan, salah satunya adalah tenor pinjaman. Tenor pinjaman ini akan menentukan berapa lama waktu yang diberikan kepada nasabah untuk mengembalikan uang pinjaman. Bagi Anda yang berencana untuk mengajukan pinjaman uang online cobalah untuk mempertimbangkan tenor pinjaman yang ditawarkan oleh penyedia pinjaman uang online. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai tenor singkat dan panjang, serta tenor mana yang sebaiknya dipilih.

1. Tenor Singkat

Tenor singkat biasanya kurang dari atau sama dengan 12 bulan. Tenor jenis ini biasanya diterapkan untuk pinjaman yang jumlahnya tidak begitu besar, kisaran jutaan rupiah dan maksimal belasan atau dua puluh juta rupiah. Pinjaman yang menggunakan tenor jenis ini akan dibebankan persentase pokok cukup besar karena lama waktu pengembalian pinjaman kurang dari atau maksimal 12 bulan. Selain itu, bunga yang ditetapkan juga relatif lebih tinggi dibanding pinjaman dengan tenor panjang. Walaupun demikian, pada akhirnya jumlah yang dibayar akan lebih murah dibanding apabila memilih tenor panjang. Bagi Anda yang tidak ingin memiliki kredit dalam jangka panjang dan memiliki kemampuan untuk membayar cicilan dalam waktu singkat, maka pinjaman dengan tenor singkat sangat cocok untuk Anda.

2. Tenor Panjang

Berbeda dengan tenor singkat, tenor panjang ditujukan untuk menghindari adanya kredit macet. Hal ini dikarenakan dengan tenor panjang, jumlah pokok yang akan dibayarkan setiap bulannya lebih sedikit dibanding tenor panjang. Selain itu, bunga yang ditetapkan juga relatif lebih rendah dibanding tenor singkat. Namun, apabila dikalkulasikan di akhir periode jumlah yang dibayarkan kemungkinan akan lebih besar dibanding pinjaman dengan tenor singkat. Bagi Anda yang ingin mencicil dalam waktu lama dikarenakan tidak ingin cicilan per bulannya membebankan maka pinjaman dengan tenor panjang ini cocok bagi Anda.

cicilan

Perhatikan simulasi berikut ini sebagai bahan pertimbangan Anda.

Tenor singkat

Jumlah pinjaman: 20 juta

Durasi pinjaman: 12 bulan

Bunga (7% per tahun): Rp116.666

Cicilan per bulan: Rp1.666.666 (Cicilan pokok) + Rp116.666 (bunga) = Rp1.783.332

Jumlah yang harus dibayar selama 12 bulan adalah Rp 21.399.984

Tenor panjang

Jumlah pinjaman: 20 juta

Durasi pinjaman: 24 bulan

Bunga (7% per tahun): Rp 167 ribu

Cicilan per bulan: Rp833.333 (Cicilan pokok) + Rp116.666 (bunga) = Rp949.999

Jumlah yang harus dibayar selama 24 bulan: Rp22.799.976

Pada simulasi diatas, dapat dilihat bahwa jumlah yang harus dibayar dengan tenor panjang lebih banyak dibanding apabila Anda memilih tenor singkat. Namun, yang paling penting adalah cobalah memilih tenor yang sesuai berdasarkan kemampuan Anda membayar. Yuk, semakin cerdas dalam meminjam pinjaman uang online.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *