Skip to main content
pertimbangan-saat-meminjam-uang-online

Pertimbangkan Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Online Cepat Cair

Saat ini banyak sekali pinjaman online yang menjanjikan cair langsung atau cair dalam 5 menit atau kurang dari 1 jam. Penawaran ini terasa sangat menggiurkan untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Namun, sebelum mengajukan pinjaman online cepat cair, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Limit pinjaman kecil

Pinjaman online cepat cair pada umumnya menawarkan limit pinjaman lebih kecil dibandingkan pinjaman online lainnya. Limit yang diberikan berada di kisaran Rp 500 ribu rupiah hingga Rp 2 juta rupiah. Bagi Anda yang memang membutuhkan pinjaman dalam jumlah kecil, tidak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman online cepat cair.

Baca juga: Pilih Mana, Pinjaman Uang Online Tenor Singkat atau Panjang?

2. Bunga relatif lebih tinggi

Bunga yang diterapkan pada pinjaman online cepat cair biasanya lebih tinggi dibanding pinjaman online lainnya. Hal ini dikarenakan penghitungan bunga menggunakan perhitungan harian, dimana pinjaman online cepat cair biasanya menerapkan bunga 1% per hari. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memilih pinjaman online cepat cair apabila Anda tidak ingin mendapat bunga tinggi.

3. Tenor yang diberikan singkat

Selain limit dan perhitungan bunga, pinjaman online cepat cair juga menetapkan tenor pembayaran cicilan yang rendah, biasanya di range 7-30 hari (maksimal 1 bulan). Nah, ini sedikit banyak akan membebankan Anda.

Simak simulasi pinjaman online cepat cair berikut ini:

Jumlah pinjaman Rp 600.000
Tenor/durasi pinjaman 15 hari
Bunga0.3% per hari
Biaya administrasi untuk proses pengajuan pinjaman cepat 10%
Biaya keterlambatan10% dari jumlah angsuran per bulan

Berdasarkan data tersebut diatas, pelanggan akan dibebankan: Rp 600.000 (pinjaman awal) + Rp 24.000 (bunga selama 15 hari) + Rp 60.000 (Biaya administrasi) = Rp 684.000 di saat jatuh tempo.

Jadi, pada kasus ini untuk pinjaman Rp 600.000 dalam waktu 15 hari Anda harus membayar biaya Rp 83.000 untuk pinjaman tersebut. Pada kasus ini, kita menggunakan pinjaman dengan bunga yang cukup rendah per harinya yaitu 0.3%.

Bayangkan jika Anda meminjam dari pinjaman online cepat cair yang menetapkan bunga 1% per hari nya. Anda harus membayar Rp 144.000 untuk pinjaman Anda.

3 hal tersebut diatas perlu menjadi perhatian Anda sebelum memutuskan akan mengajukan pinjaman online cepat cair dikarenakan limit pinjaman kecil, bunga tinggi, dan tenor pembayaran sangat singkat (beberapa pinjaman online cepat cair tidak menerapkan sistem cicilan). Untuk menghindari meminjam dari pinjaman online cepat cair, cobalah untuk meminjam dari pinjaman online terpercaya dimana perusahaan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, memiliki pilihan produk yang dapat dicicil dan produk tenor singkat, serta menerapkan bunga rendah. Prosesnya mungkin sedikit lebih rumit dibanding pinjaman online cepat cair, namun tidak akan memberatkan Anda pada akhirnya.

Baca juga: List Pinjaman Online Yang Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

Salah satu perusahaan pinjaman online terpercaya, sudah terdaftar dan diawasi OJK adalah JULO. JULO juga memiliki 2 pilihan produk yaitu JULO Mini dan JULO Cicil. JULO Mini adalah produk dengan limit Rp 1 juta dan bisa Anda bayar 30 hari kemudian dengan bunga 0.3% per hari atau sama dengan 10% selama 1 bulan. Sementara, JULO Cicil adalah produk cicilan dengan limit 8 juta dengan bunga 3-4% per bulan, produk ini juga disertai fitur cashback hingga 4% untuk setiap angsuran Anda apabila membayar sebelum jatuh tempo. Anda dapat mendownload aplikasinya disini.

Selamat mencoba! 😊 

Baca juga: Pinjaman Online Cepat Cair Mampu Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Kok Bisa?

One thought to “Pertimbangkan Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Online Cepat Cair”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *