Skip to main content
bye-2018-menyambut-2019

Bye 2018, Selamat datang 2019, Apa Resolusi 2019-mu?

2018 sebentar lagi akan berakhir, bagaimana pencapaianmu di tahun 2018 ini? Apakah sesuai dengan ekspektasi yang telah dibuat di awal tahun dulu atau jauh sekali dari ekspektasi? Mungkin bagi sebagian kita ekspektasi sesuai dengan pencapaiannya, namun bagi sebagian lagi pencapaiannya jauh dari ekspektasi. Bagaimanapun pencapaianmu di 2018, setidaknya kita sudah melakukan yang terbaik. Yuk ucapkan selamat tinggal buat 2018 dan mulai merancang resolusi 2019 nanti.

Sudah punya resolusi yang ingin kamu capai di 2019? Tahukah kamu seberapa penting membuat resolusi? Bagi sebagian orang, resolusi bukanlah suatu hal yang penting untuk dibuat. Namun, tahukah kamu, membuat resolusi itu sangat penting lho, ini dikarenakan dengan adanya resolusi kamu bisa merencanakan apa saja yang ingin kamu capai di tahun yang baru dan menentukan strategi untuk mencapainya. Resolusi ini juga akan membantu kamu untuk lebih semangat dan fokus menjalani tahun yang baru, dengan harapan tahun ini akan lebih baik dari tahun kemarin. Nggak ada dong yang mau, hidupnya gitu-gitu aja; nggak ada pencapaian dan tantangan sama sekali? Untuk membantu kamu membuat dan mencapai resolusimu, penting untuk mengetahui hal-hal ini terlebih dahulu:

1. Identifikasi pencapaian apa yang sudah dan belum kamu capai tahun lalu

Sebelum membuat resolusi, kamu perlu mengidentifikasi apa saja yang sudah dan belum dicapai di tahun 2018. Apakah yang belum tercapai tersebut penting, apabila penting maka masukkan ke dalam daftar resolusi di 2019. Namun, apabila tidak penting cobalah mulai memikirkan apa yang penting dan benar-benar ingin kamu capai.

2. Tentukan resolusi yang ingin kamu capai di tahun ini

Setelah mengidentifikasi apa yang belum dan sudah dicapai, kamu mungkin memiliki banyak hal yang ingin dicapai, padahal belum tentu hal tersebut relevan dan pasti dapat dicapai dalam waktu dekat. Misalnya, kamu menargetkan untuk diterima di universitas di luar negeri yang membutuhkan score IELTS sekian, padahal kamu bahkan belum memulai kursus bahasa inggris untuk memperoleh score IELTS. Singkatnya, cobalah membuat resolusi yang terukur dan realistis, jangan berpikir terlalu jauh.

3. Tuliskan resolusi dan strategi untuk mencapainya di tempat yang gampang kamu jangkau

Setelah menentukan resolusi yang ingin dicapai, jangan lupa untuk menuliskan resolusi dan strategi yang akan kamu lakukan untuk mencapai hal tersebut dan menempatkannya di tempat yang mudah kamu jangkau, sehingga kamu tidak mungkin lupa resolusi yang telah kamu buat.

Baca juga: Libur Nasional di Kalender 2019

4. Komitmen dan fokus menjalani apa yang sudah ditargetkan

Pastikan Anda berkomitmen dan fokus menjalani apa yang sudah ditargetkan. Motivasi diri Anda dan jangan lupa bersyukur dengan hasil yang sudah didapat ketika Anda sudah melakukan yang terbaik.

5. Banyakin action bukan mikir

Jangan terlalu banyak berpikir dan perbanyak melakukan action.

Itulah hal-hal yang penting kamu perhatikan sebelum membuat resolusi 2019. Jadi sudah siap untuk membuat resolusi 2019? Semoga tahun depan, tahun keberuntunganmu, ya.

Baca juga: Menikah di Usia Muda, Apa Kelebihannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *