Skip to main content
sumber-biaya-tak-terduga

6 Sumber Biaya Tak Terduga dan Cara Mengatasinya

Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali kita dihadapkan dengan keadaan tidak terduga, bahkan seringkali keadaan tidak terduga tersebut menuntut kita untuk mengeluarkan biaya yang tidak dialokasikan sebelumnya. Ada sumber biaya tak terduga yang sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut.

1. Bencana/ Musibah

Bencana/ musibah merupakan sering sekali dan bersifat tiba-tiba. Kita tidak bisa memprediksi kapan bencana/ musibah akan terjadi. Bencana/ musibah yang dimaksud disini seperti kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan rusak, bencana alam, kebakaran rumah, kebanjiran, dll. Hal-hal seperti ini biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk menghindari biaya dadakan yang pada situasi ini, sebaiknya Anda menyisihkan sepersekian persen dari penghasilan bulanan untuk dana darurat.

2. Sakit

Selain bencana/musibah, keadaan lain yang sering terjadi adalah sakit. Sakit ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu sakit yang bersifat tiba-tiba dan sakit yang sudah diketahui/ bisa diantisipasi. Sakit yang membutuhkan biaya sangat besar biasanya adalah sakit yang bersifat tiba-tiba, misalnya terserang penyakit jantung.

Untuk menghindari biaya dadakan pada situasi ini, ada baiknya Anda mendaftarkan diri ke Asuransi dan BPJS Kesehatan. Namun, beberapa orang ada yang lebih memilih untuk menyisihkan penghasilan untuk biaya darurat kesehatan.

3. Pulsa Telepon/ Internet

Pulsa telepon/ internet sering juga mengakibatkan biaya tidak terduga, karena penggunaan yang berlebihan pada suatu periode. Kita sering kali tidak menyadari menggunakan banyak biaya untuk pulsa telepon atau internet, terutama internet mengingat saat ini banyak sekali hiburan yang bisa didapatkan melalui internet, mulai akses ke media sosial, Youtube, blog/ website, m-banking, dll.

Untuk menghindari biaya pulsa telepon/ internet ada baiknya Anda mendaftarkan diri untuk paket bulanan (telpon, sms, dan internet) yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dengan demikian Anda bisa lebih bijak mengatur pengeluaran untuk telepon/ internet.

4. Traktiran dan Patungan

Traktiran adalah keadaan yang bersifat sangat mendadak, kita tidak bisa memprediksi kapan teman/ saudara/ sepupu berkunjung atau kapan seorang kenalan/ rekan kerja/ teman yang menikah, melahirkan, atau meninggal.

Tips untuk menghindari biaya dadakan di situasi seperti ini adalah dengan menyisihkan setidaknya 5-10% penghasilan perbulannya.

5. Hobi

Melakukan hobi memang menyenangkan, namun terkadang kita lupa bahwa kita tidak mengalokasikan budget untuk hobi setiap bulannya, alhasil untuk melakukan hobi seringkali kita mengeluarkan biaya besar.

Untuk menghindari situasi ini, sebaiknya Anda menyisihkan setidaknya 5% dari penghasilan Anda untuk hobi.

6. Diskon

Hal ini sering terjadi baik pada wanita maupun pria. Wanita biasanya tidak tahan melihat diskon terutama untuk produk fashion, makeup/skincare, dan kuliner. Dan, pria biasanya tidak tahan melihat diskon pada peralatan elektronik atau otomotif. Padahal tidak jarang biaya yang dibutuhkan untuk membeli barang-barang tersebut terbilang besar.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus bisa menentukan skala prioritas apakah produk tersebut benar-benar Anda butuhkan atau tidak, selanjutnya apabila memang benar-benar ingin membeli produk tersebut setidaknya Anda harus mengambil biaya yang dialokasikan untuk biaya gaya hidup (tidak menambah post biaya baru).

Itulah beberapa sumber biaya tidak terduga dan cara mengatasinya. Selain itu, apabila Anda benar-benar membutuhkan dana tambahan untuk mengatasi keadaan tidak terduga, Anda dapat mengajukan pinjaman online. Pinjaman online sangat cocok bagi Anda yang sedang membutuhkan dana cepat dan tidak memerlukan agunan. JULO bisa menjadi referensi bagi Anda, pinjaman online ini memberikan pinjaman hingga 8 juta dengan bunga 0.1% per harinya dan hanya memerlukan waktu 1 hari untuk proses approvalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *