Skip to main content
tips-menikah-usia-muda

Menikah di Usia Muda, Apa Kelebihannya?

Pernikahan menjadi salah satu bagian dalam perjalanan manusia. Hampir setiap orang pasti mendambakan untuk menikah dan membina keluarga dengan orang yang dicintai. Namun, tidak sedikit diantara kita bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk menikah, apakah menikah di usia muda lebih baik dibanding menikah disaat sudah mapan secara finansial? Buat kamu yang saat ini bingung kapan akan menikah, kali ini kita akan membahas kelebihan dari menikah di usia muda. Namun, sebelum itu kita perlu sepakat bahwa usia muda yang dimaksud disini adalah usia diatas 20 tahun dan maksimal 25 tahun, usia dimana mayoritas orang sudah memiliki pekerjaan tetap.

Nah, buat kamu yang saat ini berpikir akan menikah di usia muda, berikut ini beberapa kelebihan apabila menikah di usia muda.

1. Usia kamu tidak akan jauh beda dengan anak

Menikah di usia muda memungkinkan kamu memiliki anak yang rentang usianya tidak akan jauh berbeda dengan usiamu. Asumsikan kamu menikah di usia 24 tahun, dan memiliki anak di usia 25 tahun. Ketika anak kamu berusia 21 tahun dan mendapat pekerjaan pertamanya  kamu akan berusia 46 tahun.

2. Hubungan Anda dan anak akan lebih dari sekedar anak dan orangtua

Dikarenakan usia yang tidak jauh berbeda, akan memungkinkan Anda memiliki hubungan lebih dari sekedar anak dan orangtua, tetapi juga teman curhat, teman berbeda pendapat, teman diskusi, dll. Hal ini akan mempererat hubungan Anda dengan anak.

3. Lebih dewasa dan bertanggung jawab

Menikah muda memaksa Anda untuk lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak, serta lebih bertanggung jawab. Anda bukan hanya bertanggung jawab pada diri sendiri, namun juga pada pasangan dan anak. Permasalahan yang dihadapi dalam keluarga akan membantu Anda lebih dewasa dalam bertindak.

4. Semakin termotivasi untuk menjadi lebih baik

Adanya tanggung jawab terhadap keluarga memungkinkan Anda semakin termotivasi untuk bekerja, berusaha memperbaiki diri, dan menjadi panutan bagi keluarga Anda.

5. Merancang masa depan bersama

Menikah muda memungkinkan Anda merancang masa depan bersama pasangan Anda. Merancang masa depan bersama berarti Anda dan pasangan bersiap untuk menentukan prioritas kalian dalam hidup dan berusaha menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Itulah kelebihan apabila Anda menikah di usia muda. Namun perlu diingat, jangan menikah di usia muda apabila Anda belum yakin dengan orang yang akan menjadi pasangan Anda. Cobalah untuk memahami betul calon pasangan Anda sebelum memutuskan untuk menikah. Pahami sifat dan karakternya, pandangannya tentang menikah, sampai visi hidupnya. Visi hidup sangat penting, karena akan menentukan bagaimana dia menjalani hidup. Seseorang yang memiliki visi hidup untuk berkarir, akan cenderung menomorduakan keluarga. Jadi, cobalah untuk memahami visi hidup pasangan Anda, dan menikahlah dengan orang tersebut jika kalian memiliki visi hidup yang sama.

Kamu merencanakan untuk menikah dalam waktu dekat namun kekurangan dana? Jangan kuatir! Pinjam saja dananya di JULO.

Baca juga: 3 Keunggulan Pinjam Uang Online JULO, Nomor 2 Perlu Anda Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *