Skip to main content
Tips pinjam uang online

Tips Pinjam Uang Online

Seiring dengan berkembangnya industri fintech (financial and technology), semakin banyak perusahaan menawarkan pinjaman online. Namun, yang perlu mendapat perhatian khusus adalah adanya fenomena dimana perusahan pinjaman online atau biasa disebut perusahaan fintech dianggap merugikan penggunanya. Adanya fenomena ini sedikit banyak mempengaruhi keputusan calon peminjam dalam memutuskan akan mengajukan pinjaman atau tidak. Untuk membantu Anda terhindar dari pinjaman online yang merugikan, berikut beberapa tips yang perlu  Anda lakukan  sebelum mengajukan pinjaman online .

  • Cek rating dan testimoni pengguna di Google Play Store

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek rating dan testimoni pengguna aplikasi pinjaman online tersebut di Google Play Store, dengan mengecek rating dan testimoni di Google Play Store membantu Anda untuk mengetahui aplikasi tersebut lebih lanjut.  

  • Cek testimoni pengguna di Media Sosial

Selanjutnya, Anda perlu mengecek testimoni pengguna di media sosial. Namun, Anda perlu teliti dalam membaca komen pada sosial media, karena akan ada testimoni positif dan negatif. Anda perlu berhati-hati apabila mayoritas testimoni bersifat negatif.

  • Tentukan produk

Pilihlah produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda memerlukan pinjaman 1 juta, jangan memilih produk yang menawarkan pinjaman jangka panjang, karena biasanya pinjaman jangka panjang akan dikenai bunga lebih tinggi dan jangka waktu pengembalian lebih lama.

  • Pastikan fintech tersebut sudah terdaftar di OJK

Dalam memilih pinjaman online, kredibilitas perusahaan sangat penting, salah satunya adalah dengan mengecek apakah perusahaan tersebut terdaftar di OJK atau tidak. Perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK kemungkinan lebih bisa dipercaya karena sudah terdaftar dan kegiatan operasionalnya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Bandingkan bunga dari 2 atau 3 perusahaan pinjaman online

Setelah menentukan produk yang dibutuhkan, Anda perlu membandingkan bunga dari beberapa perusahaan pinjaman online. Anda perlu jeli dalam hal ini karena beberapa pinjaman online tidak menuliskan secara jelas bunga yang mereka tawarkan, atau kadang-kadang bunga yang ditawarkan sangat rendah, namun terdapat biaya-biaya lain yang harus dibayarkan seperti uang muka, biaya administrasi, dll. Bunga tersebut dapat Anda cek dari masing-masing website atau aplikasi pinjaman online yang dapat Anda download di Google Play Store, seperti yang terdapat pada website dan aplikasi JULO.

  • Baca Syarat dan Ketentuan

Anda perlu membaca syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh masing-masing pinjaman online, dengan begitu Anda lebih paham pinjaman online tersebut dan lebih membantu ketika akan mengajukan pinjaman.

  • Tentukan pinjaman online yang sesuai dan siapkan dokumen yang dibutuhkan

Setelah membandingkan bunga, memahami syarat dan ketentuan, selanjutnya Anda dapat menentukan pinjaman online yang sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian siapkan berkas yang dibutuhkan, biasanya KTP dan Slip gaji. Biasanya proses approval akan memakan waktu 1 hari kerja, dan untuk mempercepat proses approval Anda harus hati-hati dalam mengisi formulir pengajuan dan mengisi dengan data yang benar..

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari pinjaman online yang dapat merugikan. Ini menjadi penting mengingat menjamurnya perusahaan pinjaman online saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *