Skip to main content
biaya-tak-terduga-liburan

Biaya Tak Terduga Saat Liburan, Sudahkah Anda Tahu?

Liburan adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. LIburan biasanya dimanfaatkan untuk menyegarkan pikiran dari padatnya rutinitas sehari-hari. Namun, tahukah Anda tidak jarang liburan justru menghabiskan banyak biaya dari yang sudah direncanakan sebelumnya karena munculnya biaya-biaya tidak terduga. Sudahkah kamu tahu biaya-biaya tak terduga yang sering terjadi saat liburan? Simak uraiannya berikut ini.

1. Tiket pesawat/ kereta/ bus batal atau ketinggalan keberangkatan

Kita juga tidak bisa memprediksi apakah moda transportasi yang kita pilih akan mengalami pembatalan keberangkatan atau Anda ketinggalan keberangkatan. Hal yang paling sering terjadi adalah seseorang ketinggalan keberangkatan dengan alasan jalanan macet, padahal hal ini bisa diantisipasi sejak awal yaitu dengan berangkat lebih awal. Nah, apabila hal tersebut terjadi Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti tiket yang ada dan biayanya tidak sedikit, apalagi jika Anda berlibur di musim liburan dimana harga tiket sangat mahal.

2. Airport Tax

Airport tax juga sering kali menimbulkan biaya tidak terduga karena seringkali dialami saat liburan. Tips bagi Anda yang akan pulang dari berlibur sebaiknya sediakan uang tunai di dompet sehingga tidak perlu mengantri panjang untuk membayar airport tax, apalagi sampai mengakibatkan Anda ketinggalan keberangkatan.

3. Cenderamata/ Oleh-oleh

Cenderamata/ oleh-oleh juga menjadi biaya tak terduga yang sering terjadi, terutama bagi para wanita. Kita seringkali tergoda untuk membeli oleh-oleh dari daerah tempat berlibur yang terkadang jumlahnya lebih dari yang ditargetkan mengingat banyaknya pilihan produk yang ada.

4. Transportasi di Tempat Liburan

Kita selalu bisa merencanakan akomodasi sebelum berlibur mengingat banyaknya aplikasi online yang menyediakan layanan tersebut. Hal ini berbeda dengan moda transportasi, kita tidak bisa memprediksi moda transportasi yang ada di tempat wisata dan berapa biayanya jika tidak benar-benar mencari tahu secara detail, sehingga hal ini seringkali menjadi sumber biaya tak terduga juga.

5. Kecelakaan/ Bencana

Kecelakaan/ bencana merupakan sumber biaya tak terduga yang apabila terjadi membutuhkan biaya tidak sedikit. Hal ini tidak akan begitu menjadi masalah apabila Anda sudah memiliki asuransi kesehatan, namun bagi yang tidak memiliki asuransi kesehatan, akan mengeluarkan biaya sangat besar. Kita tidak bisa memprediksi kapan kecelakaan/ bencana akan terjadi, namun kita dapat mengantisipasinya dengan menyediakan dana darurat.

biaya tak terduga kendaraan rusak

6. Akses Internet

Akses internet merupakan biaya tak terduga mengingat kita tidak bisa memprediksi kartu internet yang berfungsi baik untuk satu daerah dengan daerah lainnya. Jika Anda menghabiskan liburan di hotel, Anda tidak perlu membeli akses internet. Namun, siapa yang mau berlibur hanya diam di hotel?

7. Kuliner

Kuliner juga menjadi sumber biaya tak terduga yang sering terjadi. Beberapa orang mengatakan bahwa liburan tidak akan sah apabila belum mencoba kuliner khas daerah tempat berlibur, hal inilah yang menjadikan kuliner sering menjadi biaya tak terduga terutama bila dihadapkan pada makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya dan aromanya sangat menggoda. Siapa yang tahan untuk tidak mencobanya?

biaya tak terduga untuk makan bersama keluarga

Itulah beberapa biaya tidak terduga yang seringkali terjadi saat berlibur. Untuk terhindar dari biaya tak terduga yang mengakibatkan dompet jebol, sebaiknya Anda menyiapkan dana darurat saat akan berlibur dan merencanakan liburan dengan mempertimbangkan biaya tak terduga yang mungkin terjadi, dengan demikian liburan jadi aman terkendali. Kalaupun memang tidak terdapat biaya tidak terduga selama liburan, Anda bisa menyimpan uang tersebut untuk liburan selanjutnya. Jadi, sudahkah Anda memasukkan biaya tak terduga dalam biaya liburan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *